5+ Daftar Makanan untuk Diet Pemula, Perhatikan Biar Dietmu Nggak Gagal!

daftar makanan untuk diet pemula
ilustrasi menu diet/pixabay
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Makanan adalah salah satu hal pokok yang menjadi tolok ukur keberhasilan diet. Tidak hanya fokus pada jumlah kalori yang minim, makanan diet juga harus melengkapi kebutuhan nutrisi tubuh.

Buat kamu yang masih pemula, tidak perlu bingung lagi karena ada daftar makanan untuk diet pemula yang bisa kamu jadikan panduan untuk menentukan menu diet.

Daftar Makanan untuk Diet Pemula

Sebagai bahan bakar tubuh untuk bekerja sebagaimana mestinya, makanan yang dikonsumsi harus memiliki nutrisi yang dibutuhkan. Berikut ini adalah daftar makanan untuk diet pemula yang harus dipenuhi setiap hari.

Baca Juga:5 Cara Diet Pemula yang Efektif dan Aman, Berat Badan Berkurang Hati pun SenangAktivitas Harian sebagai Cara Diet Sehat Ternyata Efektif Turunkan Berat Badan, Berikut 7 Daftarnya!

1. Karbohidrat Kompleks

Contoh makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks adalah roti gandum, beras merah, kentang, dan jagung.

Kamu bisa menggunakan jenis makanan itu untuk menggantikan nasi putih. Karbohidrat kompleks diperlukan orang diet karena bisa menjadi sumber energi yang sehat.

2. Sayuran Hijau

Sayuran termasuk dalam daftar makanan untuk diet pemula yang wajib dilengkapi. Sayuran memiliki kandungan vitamin dan tinggi serat sehingga baik untuk pencernaan dan menurunkan berat badan.

Jenis sayuran dengan daun hijau juga memiliki kandungan mineral kasium yang bisa membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh. Contohnya yaitu kangkung, brokoli, dan bayam.

ilustrasi buah dan sayur/unsplash

3. Buah-Buahan

Sama dengan sayuran hijau yang wajib hadir dalam daftar makanan untuk diet pemula, buah juga kaya manfaat.

Misalnya adalah buah apel dengan andungan pektin atau semacam serat larut air yang bisa membuat kita merasa kenyang lebih lama.

Kamu juga bisa mengonsumsi buah lain karena mengandung serat yang bisa menekan rasa lapar.

Baca Juga:Cuma 4 Langkah! Ini Cara Diet Sehat Alami Tanpa Obat, Wujudkan Impian Body RampingBukan Healing ke Pantai atau Gunung, 5 Kegiatan Self Care Sederhana Bisa Dilakukan dengan Mudah di Rumah!

4. Gandum Utuh

Beberapa gandum untuh baik untuk menurunkan berat badan. Salah satunya adalah oat. Oat memiliki beta-glukan atau serat larut yang bisa meningkatkan rasa kenyang dan bermanfaat dalam proses metabolisme.

Gandum utuh sebagai daftar makanan untuk diet pemula lainnya ada beras coklat dan quinoa.

5. Kacang-Kacangan

Daftar makanan untuk diet pemula selanjutnya adalah kacang-kacangan. Kamu bisa menjadikan jenis makanan ini sebagai camilan sehat.

0 Komentar