Waspada! 4 Hal Dilarang Bagi Vespa Klasik, Jangan Lakukan Kalau Mau Vespamu Awet

Hal dilarang bagi Vespa Klasik
Hal dilarang bagi Vespa Klasik. (instagram/@superrunindonesia)
0 Komentar

Selain itu, duduk diatas Vespa yang sedang distandar juga memiliki dampak pada karet standar Vespa jadi gampang jebol.

2. Starter dengan cara Memiringkan ke Kanan

Jangan miringkan vespa saat menghidupkan mesin. (screenshot youtube/@Wonderwheels_indonesia)

Hal dilarang bagi Vespa Klasik yang kedua, yakni menstarter atau menyalakan Vespa dengan cara memiringkan ke kanan.

Baca Juga:Intip Harga Vespa Klasik di Facebook terbaru 2023, Duit 7 Jutaan Sudah Dapat?5 Tips Beli Vespa Klasik Online Tanpa Cek Unit, Awas! Jangan Sampe Nyesel

Dengan kalian memiringkan Vespa ke kanan, maka otomatis akan banyak part-part pada Vespa yang hanya bertumpu pada satu sisi.

Beberapa part tersebut seperti dek yang terbebani disatu sisi, shockbreaker dan bagian-bagian mesin yang berada di samping kanan.

Selain itu juga akan beresiko pada karet support shock dan karet sasis akan gampang jebol. Karena pada dasarnya Vespa tidak dirancang untuk dinyalakan sambal dimiringkan ke kanan.

Nah, untuk cara mudah kalian menyalakan Vespa tanpa memiringkan ke kanan, kalian bisa memanfaatkan fitur cuk yang ada di Vespa.

3. Memindahkan Persneling Tanpa Menggunakan Kopling

Hal dilarang bagi Vespa Klasik berikutnya adalah memindahkan persneling tanpa menekan atau menggunakan kopling.

Memindah persneling tanpa menekan kopling memang bisa dilakukan, terutama bagi sobat sekuter balap. Hal ini bertujuan untuk mempersingkat waktu dalam memindah gigi saat sedang balapan.

Namun, pada setelan Vespa kalian yang memang hanya untuk penggunaan sehari-hari, sangat teramat dilarang untuk melakukan hal tersebut.

Baca Juga:4 Tips Simpel Bikin Vespa Klasik Sehat Ala Anak Kost, Siap Touring Anytime AnywhereAWAS! Ini 5 Penyakit Vespa Klasik yang Sering Kambuh di Jalan, Begini Cara Mengatasinya

Ketika kalian memindahkan persneling tanpa menggunakan kopling maka, otomatis hubungan antara mesin dan trasmisi masih menyambung.

Karena salah satu fungsi dari kopling adalah untuk memutuskan hubungan antara mesin dan transmisi, sehingga saat perpindahan gigi bisa lebih halus.

Efek samping yang terjadi jika kita memindahkan persneling tanpa menggunakan kopling adalah berakibat pada gigi silang.

Bagian ujung pada gigi silang Vespa kalian akan cepat botak atau aus. Karena dipaksa untuk berpindah dari satu ke gigi lainnya dengan kecepatan yang sangat tinggi.

Selain itu, juga berdampak pada gear seat yang akan rontok dan as roda yang gampang jebol karena terjadi perpindahan pada saat putaran tinggi.

0 Komentar