5 Panduan Service Rutin Vespa Klasik, Apa saja yang Harus dicek?

Panduan service rutin Vespa Klasik
Panduan service rutin Vespa Klasik. (instagram/@rumahvespa)
0 Komentar

Panduan sevice rutin Vespa Klasik yang pertama adalah dengan mengganti oli mesin. Jadi, pada saat kalian menservice Vespa passtikan jangan sampai lupa untuk mengganti oli mesin.

Salah satu fungsi dari oli mesin adalah untuk melumasi komponen pada Vespa agar tidak aus saat terjadi gesekan.

Dengan kalian mengganti oli, maka mesin akan lebih terawatt dan juga meingkatkan performa saat mesin digunakan.

2. Membersihkan Karburator

Mengganti oli mesin. (instagram/@special_px)

Baca Juga:Waspada! 4 Hal Dilarang Bagi Vespa Klasik, Jangan Lakukan Kalau Mau Vespamu AwetIntip Harga Vespa Klasik di Facebook terbaru 2023, Duit 7 Jutaan Sudah Dapat?

Untuk panduan sevice rutin Vespa Klasik berikutnya yakni membersihkan karburator secara keseluruhan. Karburator bisa diangkat dan dipreteli satu persatu.

Hal ini bertujun untuk mengangkat kotoran pada karburator agar Vespa tidak ngadat saat digunakan. Jika supply bahan bakar terganggu, otomatis Vespa akan sering mogok.

3. Mengecek Pertalian

Lanjut, untuk panduan service rutin Vespa Klasik selanjutnya kalian bisa mengecek pada bagian pertalian. Meliputi tali persneling, kopling, rem dan tali gas.

Meskipun dirasa masih baik, Vespa dengan pemakain harian disarankan untuk kalian mengganti pertalian selama 6 bulan sekali.

4. Bersihkan Bagian Head dan Kepala Piston

Selanjutnya, kalian bisa membersihkan bagian head silinder dan kepala piston pada Vespa Klasik pada saat service.

Berfungsi untuk membersihkan kerak yang menempel di head dan kepala piston agar tidak menggangu performa dari Vespa kalian.

Jika terjadi penebalan kerak, otomatis kompresi akan semakin naik. Ditambah jika bahan bakar yang digunakan tidak sesuai maka pembakaran yang terjadi tidak optimal.

Baca Juga:5 Tips Beli Vespa Klasik Online Tanpa Cek Unit, Awas! Jangan Sampe Nyesel4 Tips Simpel Bikin Vespa Klasik Sehat Ala Anak Kost, Siap Touring Anytime Anywhere

Selain itu, kerak ini juga bisa menghambat lubang inlet dan outlet pada Vespa. Untuk membersihkannya bisa dengan jangka waktu yang lebih lama, yakni 6 -12 bulan sekali.

5. Mengecek Pengereman

Pengereman juga termasuk bagian vital yang masuk dalam panduan service rutin Vespa Klasik. Mengecek pengereman meliputi rem depan dan rem belakang.

Kalian bisa mengecek dan menyetel ulang pengereman, terutama rem belakang karena setiap hari dipakai maka kampas rem akan semikin tipis dan dalam.

Begitu juga rem depan yang harus selalu difungsikan. Karena rem depan berfungsi sebagai backup jika tiba-tiba rem belakang terjadi kendala.

0 Komentar