7 Tips Untukmu Ketika Sedang Merasa Sangat Emosional

Cara bertahan ketika kamu sedang merasa sangat emosional
Cara bertahan ketika kamu sedang merasa sangat emosional. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Emosi yang intens bisa jadi sulit untuk dihadapi. Ketika kamu sedang merasa sangat emosional, entah itu sangat marah atau sangat sedih, keterampilan pengaturan emosi dapat membantu mengurangi intensitas dan durasi perasaan tidak nyaman tersebut.

Ketika kamu sedang merasa sangat emosional, ketujuh strategi ini dapat membantu.

Tips Manajemen Emosi Ketika Sedang Merasa Sangat Emosional

Identifikasi Bagaimana Perasaanmu

Baca Juga:3 Bahaya Memendam Emosi, Jangan Sepelekan!Sinkronisasi Waktu Tidur: 6 Langkah untuk Dapatkan Kualitas Tidur yang Lebih Baik

Memberi nama pada apa yang kamu rasakan dapat membantumu memahami emosi ketika kamu sedang merasa sangat emosional. Memikirkan sesuatu seperti, “Aku cemas sekarang”, atau “Aku benar-benar kecewa”, dapat membantumu mengklarifikasi apa yang terjadi pada dirimu.

Studi menunjukkan bahwa memberi label pada emosi menghilangkan sebagian darinya. Jadi, hanya mengidentifikasi emosimu dapat membantumu merasa sedikit lebih baik segera.

Kamu mungkin hanya memikirkan apa yang kamu rasakan dan mencoba menyebutkannya. Atau, kamu dapat menulis jurnal untuk membantumu memahami berbagai hal. Kamu juga mungkin menemukan bahwa berbicara dengan seseorang dan melabeli emosimu dengan lantang membantumu merasa lebih baik.

Tentukan apakah Emosimu Membantu atau Tidak Membantu

Terkadang orang berbicara tentang perasaan seperti itu baik atau buruk, terutama di situasi ketika kamu sedang merasa sangat emosional. Tetapi emosi tidak positif atau negatif. Semua emosi bisa membantu atau tidak membantu.

Pertimbangkan bagaimana kecemasan dapat bermanfaat atau berbahaya:

Kecemasan sangat membantu ketika mengingatkanmu akan bahaya. Jika alarm kecemasanmu berbunyi ketika kamu berada dalam situasi yang tidak aman (seperti berdiri terlalu dekat ke tepi tebing), kamu cenderung merespons dengan cara yang membuatmu tetap tenang. Kamu lebih aman. Dalam hal ini, kecemasanmu sangat membantu.

Kecemasan berbahaya, namun, jika kamu menghindari memberikan pidato yang dapat memajukan karirmu karena berbicara di depan umum terlalu memicu kecemasan, maka kecemasanmu tidak membantu.

Demikian pula, kemarahan dapat membantu jika memberimu keberanian untuk membuat perubahan positif. Tidak ada gunanya jika itu menyebabkan Kamu mengatakan atau melakukan hal-hal yang kemudianmu sesali.

Baca Juga:Keluar dari Bahaya Toxic Positivity, Ini 5 Caranya4 Alasan Toxic Positivity Merupakan Hal yang Berbahaya Untukmu

Jika emosimu membantu, kamu mungkin ingin menerimanya. Jika emosimu tidak membantu, kamu dapat mengambil langkah-langkah untuk mengelolanya.

0 Komentar