7 Tips Untukmu Ketika Sedang Merasa Sangat Emosional

Cara bertahan ketika kamu sedang merasa sangat emosional
Cara bertahan ketika kamu sedang merasa sangat emosional. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Bereksperimen Dengan Keterampilan Mengatasi yang Sehat

Keterampilan koping yang sehat membantumu mengatasi emosi yang sulit atau ketika kamu sedang merasa sangat emosional tanpa membuatnya mati rasa, menekannya, atau mengabaikannya. Mereka mungkin sedikit mengganggumu untuk sementara sehingga Kamu bisa merasa lebih baik atau mereka mungkin membantu menenangkan tubuhmu atau meningkatkan suasana hatimu.

Strategi koping yang berhasil untuk satu orang mungkin tidak cocok untuk orang lain, jadi penting untuk menemukan keterampilan koping yang paling cocok untukmu. Contoh keterampilan koping yang sehat mungkin termasuk:

  • Memanggil teman
  • Mendengarkan musik
  • Membaca buku
  • Menghabiskan waktu di alam
  • Mandi
  • Berolahraga

Waspadai keterampilan koping yang tidak sehat yang dapat menimbulkan masalah baru dalam hidupmu atau membuatmu merasa lebih buruk dari waktu ke waktu. Minum alkohol, menggunakan obat-obatan, atau makan berlebihan hanyalah beberapa contoh keterampilan koping yang mungkin membantumu merasa lebih baik untuk sementara, tetapi akan menciptakan masalah yang lebih besar dalam hidupmu dalam jangka panjang.

Rangkullah Bagaimana Perasaanmu

Baca Juga:3 Bahaya Memendam Emosi, Jangan Sepelekan!Sinkronisasi Waktu Tidur: 6 Langkah untuk Dapatkan Kualitas Tidur yang Lebih Baik

Terkadang, duduk ketika kamu sedang merasa sangat emosional adalah hal terbaik yang dapat kamu lakukan. Itu mungkin berarti mengakui dan menerima apa yang kamu alami dan tetap menjalani rutinitas harianmu.

Kamu mungkin menyadari bahwa kamu sedang merasa sangat emosional, merasa sedih atau cemas dan memutuskan untuk terus mengerjakan suatu proyek, atau kamu bahkan mungkin beristirahat sejenak hanya untuk memperhatikan apa yang kamu alami.

Bagaimana emosi memengaruhi pikiranmu?

Bagaimana mereka mempengaruhimu secara fisik?

Saat kamu merasa marah, misalnya, pikiranmu mungkin tetap terfokus pada hal-hal negatif. Dan kamu mungkin mengalami reaksi fisiologis, seperti peningkatan detak jantung.

Hanya memperhatikan hal-hal itu, tanpa menilai diri sendiri dapat membantu. Jika kamu mulai berpikir, “Aku seharusnya tidak merasa seperti ini,” ingatkan dirimu bahwa tidak apa-apa merasakan apa pun yang kamu rasakan dan perasaan itu hanya sementara. Akhirnya, itu akan berlalu.

Membingkai Ulang Pikiran yang Tidak Membantu

Waspadai pikiran-pikiran tidak membantu yang menyulut emosi tidak nyamanmu ketika kamu sedang merasa sangat emosional. Memikirkan hal-hal seperti, “Aku tidak tahan ini!” atau “Saya tahu sesuatu yang buruk akan terjadi,” hanya akan membuatmu merasa lebih buruk.

0 Komentar