Mengelola Dukungan Emosional dalam Hubungan, Penting untuk Disimak!

Dukungan emosional dalam hubungan
Dukungan emosional dalam hubungan. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Memberikan dukungan emosional dalam hubungan adalah bagian penting dari setiap hubungan yang bermakna, tetapi perlu menjadi pengalaman bersama. Praktik ini tidak boleh hanya berjalan sepihak.

Jika kamu mendapati dirimu sendiri memberikan perhatian dan kenyamanan hingga kamu merasa lelah, terkuras, dan kesal, ini adalah tanda bahwa kamu lelah memaksakan diri terlalu keras untuk memberikan dukungan emosional dalam hubungan. Pada titik ini, penting untuk menjaga diri sendiri dan mendorong atau mendukung pasanganmu dalam mencari dukungan tambahan dari teman, anggota komunitas, atau terapis.

Cara Memberi Dukungan Emosional dalam Hubungan Saat Kamu Juga Merasa Terpuruk

Sebanyak kamu ingin memberikan dukungan emosional dalam hubungan saat kamu juga merasa sedih, itu bisa jadi sulit. Penting bagimu untuk menjaga diri sendiri juga, tentu saja.

Baca Juga:4 Cara Menjadi Support System untuk Pasangan6 Langkah Keluar dari Hubungan yang Tidak Sehat, Kamu Pasti Berhasil!

Tidak apa-apa untuk membagikan emosimu sendiri ketika seseorang membagikannya kepadamu. Ingat saja untuk tidak membandingkan atau salah. Ini sebenarnya dapat membantu memperkuat komunikasi antar pasangan jika kita membiarkan diri kita berbagi emosi dan merasa aman dengan orang yang berbagi dengan kita. Jika kamu merasa sedih, tidak apa-apa untuk mengatakannya.

Selain itu, bersikap suportif dan memberikan dukungan emosional dalam hubungan tidak berarti sama sekali mengabaikan perasaanmu sendiri. Tidak hanya penting untuk jujur ​​tentang emosimu, tetapi juga penting untuk jujur jika ada sesuatu yang berlebihan, termasuk dukungan emosional dalam hubungan yang kamu berikan. Jika kamu merasa kewalahan sebagai mitra, tidak apa-apa untuk jujur tentang dukungan yang dapat kamu berikan saat ini dan tetapkan batasan untuk menunjukkan bahwa kemampuanmu untuk membantu terbatas.

Namun secara keseluruhan, berbagi perasaan dengan pasangan itu bermanfaat. Kamu mungkin memutuskan untuk bergiliran mendiskusikan perasaanmu satu sama lain, dan kamu mungkin merasa tidak terlalu sendirian jika pasanganmu merasakan hal yang sama.

Apa yang Harus Dikatakan Ketika Kamu Tidak Tahu Apa yang Harus Dikatakan

Kamu tidak akan selalu tahu harus berkata apa ketika pasanganmu terbuka kepadamu, terutama jika kamu tidak dapat memahami apa yang mereka alami.

0 Komentar