6 Langkah Keluar dari Hubungan yang Tidak Sehat, Kamu Pasti Berhasil!

Cara keluar dari hubungan yang tidak sehat
Cara keluar dari hubungan yang tidak sehat. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Hubungan yang baik dapat meningkatkan kehidupanmu dengan cara yang tidak pernah kamu bayangkan. Oleh karenanya, sangat penting bagimu untuk berusaha keluar dari hubungan yang tidak sehat.

Hubungan yang buruk bisa membuatmu patah hati, tertekan, dan lesu. Hubungan beracun lebih umum daripada yang kamu kira, dan efeknya seringkali melumpuhkan.

Hubungan yang beracun dan tidak sehat sering membingungkan mereka yang berada di luar. Tentu saja, jika seseorang membuatmu sengsara atau melakukan kekerasan fisik atau emosional, keputusan yang jelas adalah meninggalkan mereka—bukan?

Baca Juga:Waspada 6 Contoh Red Flag dalam Hubungan7 Red Flag dalam Hubungan, Hati-Hati Hubunganmu Tidak Aman!

Kenyataannya seringkali lebih rumit karena banyak faktor, termasuk keuangan, anak, dan emosi. Untuk keluar dari hubungan yang tidak sehat, kamu harus:

  • Bangun dukungan sosialmu
  • Jelajahi cara untuk menjadi lebih mandiri
  • Bersandar pada keluarga, teman, dan orang lain saat kamu pergi
  • Dapatkan bantuan dari para profesional, termasuk terapis, pengacara, atau penegak hukum
  • Memutus kontak dengan orang lain
  • Jaga dirimu saat kamu keluar dari hubungan yang beracun

Apa itu Hubungan yang Tidak Sehat?

Hubungan yang tidak sehat adalah hubungan yang berbahaya. Sementara beberapa tanda hubungan beracun lebih jelas—seperti pelecehan fisik, perselingkuhan berulang, dan perilaku seksual yang tidak pantas—yang lain bisa lebih sulit dideteksi. Ini mungkin melibatkan perilaku yang tidak sopan, tidak jujur, atau mengendalikan. Misalnya, pasanganmu sering memarahimu. Akibatnya, kesehatan mentalmu mungkin mulai menderita.

Pelecehan dan Kekerasan Dalam Rumah Tangga

Meskipun suatu hubungan tidak harus melibatkan pelecehan untuk dianggap beracun, semua hubungan yang kasar itu beracun. Pelecehan dapat bermanifestasi dalam banyak cara, termasuk emosional, verbal, ekonomi, seksual dan fisik.

Tanda-tanda hubungan yang penuh kekerasan dapat berupa kekerasan fisik atau seksual, ejekan, hinaan, atau ancaman. Jenis hubungan ini biasanya ditandai dengan perilaku posesif dan mengontrol. Jika kamu mengalami segala jenis pelecehan, ketahuilah bahwa kamu tidak pantas hidup sedemikian rupa dan segera mencari dukungan.

Cara Keluar dari Hubungan yang Tidak Sehat dalam 6 Langkah

Mengakhiri hubungan yang buruk bisa sangat rumit, tetapi semakin cepat kamu meninggalkan hubungan yang beracun, semakin baik. Berikut adalah beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mempermudah prosesnya:

0 Komentar