3 Makanan yang Menurunkan Kolesterol: Wajib Dikonsumsi Supaya Kolesterol Terjaga

Makanan yang menurunkan kolesterol
Strawberry merupakan salah satu buah yang masuk ke dalam kelompok buah beri, di mana memiliki manfaat dapat menjaga kolesterol supaya tidak naik. (foto/Freepik)
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Terlalu banyak mengonsumsi daging dapat meningkatkan kolesterol, karenanya konsumsi makanan yang menurunkan kolesterol sangat penting untuk lebih diperhatikan.

Momen hari raya besar seperti lebaran atau Idul Adha menawarkan banyak sekali makanan berbahan dasar daging, seperti gulai, opor dan rendang.

Makanan tersebut mengandung kolesterol yang mana dalam mengonsumsinya tak boleh berlebihan. Tak hanya memperhatikan jumlah makanan berkolesterol yang masuk ke tubuh, namun penting sekali mengetahui apa saja makanan yang menurunkan kolesterol supaya tidak semakin tinggi.

Baca Juga:RAHASIA 3 Cara Menghilangkan Bau Prengus di Piring Bekas Olahan Daging KambingApakah Daging Kambing Memiliki Kolesterol Tinggi? Berikut Ini Jumlah Kolesterol pada 6 Jenis Daging

Makanan yang menurunkan kolesterol ini memang tak semuanya enak dan disukai banyak orang, akan tetapi khasiatnya bisa menjaga kolesterol kalian.

Berikut ini daftar apa saja makanan yang dapat menurunkan kolesterol:

1. Oatmeal

Makanan yang menurunkan kolesterol pertama adalah oatmeal. Bahan makanan ini seringkali dipakai untuk sarapan karena dapat menahan rasa lapar sehingga perut kenyang lebih lama.

Siapa sangka jika oatmeal ternyata juga memiliki manfaat dapat menstabilkan kolesterol dalam tubuh loh.

Di dalam oatmeal terdapat kandungan berupa beta glucan yang mana zat tersebut memiliki manfaat untuk menurunkan kolesterol dalam darah dan menghambat penyerapan kolesterol jahat.

2. Buah Beri

Seperti yang telah banyak orang tahu, buah-buahan memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya adalah dapat menjaga kolesterol supaya stabil.

Buah beri merupakan kelompok buah-buahan yang memiliki kandungan glikemik yang cukup rendah. Selain apat menurunkan kadar gula darah, buah beri juga bisa menurunkan kolesterol dan aman dikonsumsi sehari-hari.

Contoh kelompok buah beri diantaranya strawberry, blueberry, raspberry dan buah beri lainnya.

Baca Juga:5 Cara Mengolah Daging Kambing yang Sehat Dikonsumsi5 Makanan Penyebab Perut Buncit yang Penting untuk Diperhatikan

3. Sayuran Hijau

Tak heran kan jika banyak olahan daging yang mengandung kolesterol harus dipadukan dengan sayur-sayuran saat memakannya? Contohnya seperti rendang dengan daun singkong, ayam goreng dengan lalapan dan sebagainya.

Bukan tanpa alasan, sayuran memiliki antioksidan yang memiliki manfaat bisa mengikat asam empedu yang mana bersumber dari kolesterol yang masuk ke tubuh.

Asam empedu yang sudah terikat dapat menurunkan akumulasi kolesterol dalam darah.

0 Komentar