4 Tips Berhenti Merokok, Praktikkan dan Miliki Kesehatan yang Baik

Berhenti merokok
Berhenti merokok. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Ingat, berhenti merokok adalah proses, bukan peristiwa.

Duduk, santai, dan pertimbangkan waktu untuk menjadi salah satu teman terbaikmu yang berhenti. Semakin banyak waktu yang kamu luangkan antara kamu dan rokok terakhir yang kamu hisap, semakin kuat jadinya dirimu. Bersabarlah dengan diri sendiri, dan dengan prosesnya.

Fokus pada Sekarang

Penarikan nikotin memainkan permainan pikiran dengan kami sejak awal berhenti merokok. Kami berpikir tentang merokok sepanjang waktu, dan kami khawatir bahwa kami akan selalu merindukan rokok kami.

Bagi orang yang baru saja menyerah, pemikiran untuk tidak pernah maju lagi bisa melumpuhkan. Pikiran seperti ini, jika dibiarkan, dapat dengan mudah menyebabkan kekambuhan merokok.

Baca Juga:Yuk, Kenal Lebih Dekat dengan Anthophobia, Ketika Orang Takut dengan Bunga6 Cara Berpikir dengan Lebih Positif, Representasikan Kepribadian Optimistik

Jika kamu merasa panik dengan masa depanmu yang bebas asap rokok, berhentilah memusatkan perhatian hanya pada hari yang akan datang. Dibutuhkan latihan dan kesabaran untuk tetap di sini dan saat ini, tetapi itu bisa dilakukan, dan ini cara yang bagus untuk mempertahankan kendali atas program berhentimu.

Lain kali pikiran kamu mengembara ke depan atau ke belakang, tarik dirimu keluar secara sadar dengan mempersempit perhatianmu pada momen di mana kamu hidup saat ini. Kekuatanmu untuk mempengaruhi perubahan dalam hidupmu adalah hari ini, dan akan selalu begitu. Kamu tidak bisa berbuat apa-apa tentang apa yang terjadi kemarin atau tentang apa yang akan terjadi besok, tetapi kamu pasti bisa mengendalikan hari ini.

Tetap Positif Tentang Kemajuanmu

Dikatakan bahwa rata-rata orang memiliki sekitar 66.000 pikiran pada hari tertentu dan dua pertiganya negatif. Mungkin tidak mengherankan jika kita mengarahkan banyak pikiran negatif itu langsung ke diri kita sendiri. Hadapilah, kita hampir selalu menjadi pengkritik terburuk kita sendiri.

Berhenti merokok adalah sebuah proses, dan tetap positif dapat membantumu bertahan dari suka dan duka saat kamu bekerja menuju tujuan berhentimu. Berikut adalah beberapa strategi untuk tetap positif untuk ditambahkan ke kotak alat berhenti mengonsumsi rokok.

  • Berlatih afirmasi berhenti merokok. Temukan beberapa pesan positif atau mantra kecil yang dapat kamu ulangi pada diri sendiri untuk membantumu tetap berada di jalur berhenti merokok, seperti “Aku cukup kuat untuk mengalahkan nikotin”, atau “Aku lebih memilih kesehatan saya daripada rokok”.
  • Buatlah jurnal rasa syukur. Mempertahankan jurnal rasa syukur membuatmu lebih mudah untuk membiasakan diri berfokus pada hal-hal positif dalam hidupmu sambil menuai manfaat manajemen stres dari menulis jurnal.
  • Temukan bantuan dalam humor. Menemukan sumber humor, entah itu video konyol, komedi situasi lucu, atau teman lucu, bisa membantu mengurangi stres dan membuat Anda berpikir lebih positif.
  • Bersikap baik kepada diri sendiri. Mulailah memperhatikan pikiranmu, dan buang pikiran yang bukan untuk kepentingan terbaikmu, termasuk meratapi hal-hal yang tidak dapat kamu ubah, seperti tahun-tahun yang kamu habiskan
  • Tempatkan dirimu dalam “mode abaikan”. Kamu akan mengalami hari-hari yang buruk. Harapkan dan terimalah. Begitulah berhenti merokok, dan begitulah hidup. Pada hari libur itu, bersumpah untuk menempatkan dirimu dalam “mode abaikan”. Dengan kata lain, jangan fokus pada atmosfir negatif pikiranmu. Sebaliknya, lakukan apa yang kamu bisa untuk mengalihkan perhatian dan mengabaikan suasana hati yang buruk.
  • Membingkai ulang pemikiran negatif. Perhatikan ketika kamu mulai memikirkan pikiran negatif seperti “Aku tidak bisa melakukan ini di lain hari” atau “ini terlalu sulit” dan berusahalah untuk menggantinya dengan sesuatu yang lebih positif seperti “Aku mencoba setiap hari” atau “Ini menantang tetapi perlu.” untuk kesehatanku.”
0 Komentar