GRATIS! 4 Cara Meningkatkan Public Speaking Tanpa Kursus

Cara meningkatkan public speaking tanpa kursus
Public speaking merupakan skill dasar yang harus dimiliki karena akan membantu bak di lingkup karir atau pendidikan. (foto/Freepik)
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Public speaking adalah kemampuan dasar yang penting dimiliki. Saat ini cara meningkatkan public speaking tanpa kursus bisa kalian dapatkan loh.

Public speaking merupakan kemampuan berbicara dan menguasai suatu situasi di depan banyak audiens, yang mana memiliki kemampuan public speaking yang bagus juga akan membuat kalian dipandang wah oleh banyak orang.

Akan tetapi banyak yang masih malu untuk belajar berbicara di depan banyak orang, salah satu alasannya adalah mereka belum tahu ada cara meningkatkan public speaking.

Baca Juga:5 Kebiasaan yang Membuat Kulit Rusak dan Wajib Kamu Hindari5 Bahaya Makan Gorengan: Awas Dapat Menyebabkan Gemuk dan Kulit tidak Sehat

Biaya les public speaking yang cukup mahal, ditambah lingkungan sekitar tidak mendukung menjadikan public speaking sering tak ditekuni.

Namun, saat ini kalian tetap bisa loh belajar public speaking secara mandiri. Berikut ini cara meningkatkan public speaking tanpa kursus yang bisa dipraktekkan di rumah:

1. Fokus Menyimak dan Menatap Mata Lawan Bicara Saat Mengobrol

Cara meningkatkan public speaking tanpa kursus dapat dimulai dari kebiasaan sehari-hari.

Contoh kebiasaan kecil yang meningkatkan public speaking adalah dengan belajar menyimak isi obrolan lawan bicara dengan seksama.

Tak hanya itu, tatap juga mata lawan bicara supaya mereka tak menganggap kalian tidak tertarik dengan obrolan.

Menatap lawan bicara dan menyimak isi obrolan yah disampaikan nanti secara bertahap dapat membangun kebiasaan untuk lebih bisa menguasai diri sendiri dan menghargai orang lain.

2. Menunjukkan Body Language

Gesture, body language atau bahasa tubuh juga merupakan aspek penting dalam public speaking di depan banyak orang.

Baca Juga:Cara Menurunkan Kolesterol dengan Cepat dalam 7 Hari Saja3 Makanan yang Menurunkan Kolesterol: Wajib Dikonsumsi Supaya Kolesterol Terjaga

Bahasa tubuh dan gesture dapat membuat kalian terlihat lebih percaya diri dan tak dipandang kaku saat mengisi acara.

Cobalah untuk berlatih menunjukkan gesture saat mengobrol dengan teman, contohnya seperti menggerakkan tangan saat sedang menjelaskan sesuatu dan ekspresi wajah yang sesuai saat menyampaikan isi obrolan.

3. Berlatih di Depan Cermin

Jangan lupa untuk berlatih juga di depan cermin supaya bisa mulai menyampaikan sesuatu secara lancar tanpa tersendat-sendat.

Kalian bisa membahas suatu topik lalu berlatih gesture dan intonasi bicara di depan cermin secara rutin agar saat berhadapan dengan banyak orang sudah terbiasa.

0 Komentar