4 Tanda Harga Diri yang Rendah, Pastikan Kamu Tidak Memilikinya!

Harga diri yang rendah
Harga diri yang rendah. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Kurang Kontrol

Orang dengan harga diri yang rendah sering merasa bahwa mereka memiliki sedikit kendali atas hidup mereka atau apa yang terjadi pada mereka. Ini mungkin karena perasaan bahwa mereka memiliki sedikit kemampuan untuk membuat perubahan pada diri mereka sendiri atau di dunia. Karena mereka memiliki locus of control eksternal, mereka merasa tidak berdaya untuk melakukan apapun untuk memperbaiki masalah mereka.

Penelitian telah menemukan bahwa dalam situasi di mana orang memiliki sedikit kendali atas apa yang terjadi, memiliki harga diri yang lebih tinggi dapat membantu mengurangi beberapa efek negatif dari kehilangan kendali, yang pada akhirnya bermanfaat bagi kesehatan mental.

Jika kamu merasa tidak memiliki kendali atas hidup atau situasimu, menemukan cara untuk meningkatkan harga diri dapat membantu kesejahteraanmu.

Perbandingan Sosial yang Negatif

Baca Juga:7 Strategi Mengatasi Ketakutan Akan Kegagalan, Kamu Harus Melakukannya!Waspada! Ini 5 Penyebab Ketakutan Akan Kegagalan

Perbandingan sosial terkadang dapat berfungsi positif dan meningkatkan rasa diri seseorang. Tetapi membandingkan dirimu dengan orang lain juga dapat merusak harga diri dan menciptakan harga diri yang rendah. Orang dengan harga diri rendah mungkin lebih cenderung terlibat dalam apa yang dikenal sebagai perbandingan sosial ke atas, atau membandingkan diri mereka dengan orang yang menurut mereka lebih baik daripada diri mereka sendiri.

Perbandingan sosial ke atas tidak selalu buruk. Misalnya, perbandingan ini dapat menjadi sumber informasi dan inspirasi untuk perbaikan. Namun, ketika orang dibiarkan dengan perasaan tidak mampu atau putus asa, itu bisa menghambat harga diri.

Media sosial juga dapat berperan dalam perbandingan semacam itu, berkontribusi pada rendahnya harga diri. Jika kamu sering membandingkan dirimu secara tidak baik dengan orang-orang di situs media sosial seperti Facebook dan Instagram, harga dirimu mungkin akan terpukul.

Masalah Meminta Apa yang Kamu Butuhkan

Ketika seseorang memiliki harga diri yang rendah, mereka mungkin berjuang untuk meminta apa yang mereka butuhkan. Kesulitan meminta apa yang kamu butuhkan bisa disebabkan oleh rasa malu. Atau kamu mungkin merasa bahwa kebutuhan akan bantuan dan dukungan adalah tanda bahwa kamu tidak kompeten.

0 Komentar