Waspada! Ini 5 Penyebab Ketakutan Akan Kegagalan

Ketakutan akan kegagalan
Ketakutan akan kegagalan. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Penyebab Ketakutan Akan Kegagalan

Rasa takut akan kegagalan dapat memiliki berbagai penyebab. Beberapa penyebab potensial meliputi:

Pendidikan Kritis

Orang yang dibesarkan dalam rumah tangga yang sangat kritis atau tidak mendukung mungkin lebih cenderung mengalami ketakutan akan kegagalan. Karena mereka merasa tidak pernah memenuhi harapan keluarga mereka selama masa kanak-kanak, mereka mungkin terus takut melakukan kesalahan saat dewasa.

Definisi Kegagalan

Orang sering memiliki definisi yang berbeda tentang apa arti kegagalan. Bagi sebagian orang, itu berarti tidak mencapai sesuatu persis seperti yang mereka rencanakan. Hal ini dapat menimbulkan serangkaian harapan yang sangat sulit untuk dipenuhi.

Genetika

Baca Juga:Rasa Takut Akan Kesuksesan, Bagaimana Ia Hadir dan Bagaimana Mengatasinya5 Tips Relaksasi untuk Fobia, Praktikkan dan Lawan Ketakutanmu!

Kecemasan juga dipengaruhi oleh faktor genetik. Jika anggota keluargamu juga memiliki kondisi kecemasan, kemungkinan besar kamu sendiri akan mengembangkan ketakutan dan kecemasan.

Perfeksionis

Rasa takut akan kegagalan terkadang berasal dari perfeksionisme. Ketika orang memiliki standar yang sangat tinggi, seringkali tampaknya tidak ada yang memenuhi harapan mereka. Ini termasuk kinerja dan prestasi mereka sendiri. Karena mereka takut tidak memenuhi standar tinggi yang telah mereka tetapkan, mereka mungkin mengalami ketakutan yang kuat akan kegagalan.

Trauma

Orang yang pernah mengalami kegagalan yang sulit atau bahkan traumatis mungkin juga sangat takut untuk mengulangi pengalaman tersebut di masa mendatang.

Mengalami serangan panik selama presentasi atau diejek karena kinerjamu, misalnya, dapat menimbulkan perasaan takut. Konsekuensi negatif dari kegagalan, seperti kehilangan pekerjaan atau tidak kuliah, juga bisa menjadi faktor risiko yang berkontribusi pada ketakutan akan kegagalan.

Dampak Ketakutan Akan Kegagalan

Rasa takut akan kegagalan dapat merusak kepercayaan seseorang pada kemampuan mereka dan motivasi mereka untuk mengejar tujuan mereka.

Harga diri rendah: Orang yang takut gagal mungkin juga terlibat dalam self-talk negatif atau memiliki harga diri rendah yang membuatnya sulit untuk mengejar tujuan.

Motivasi yang buruk: Ketika orang takut gagal, mereka mungkin juga mengalami kurangnya motivasi yang membuatnya sulit untuk memulai proyek dan bekerja menuju tujuan. Ketika sesuatu tampak terlalu menantang atau melibatkan pembelajaran keterampilan baru, orang mungkin menyerah atau menolak untuk terlibat.

0 Komentar