Rasa Takut Akan Kesuksesan, Bagaimana Ia Hadir dan Bagaimana Mengatasinya

Takut akan kegagalan
Takut akan kegagalan. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Beberapa orang tampaknya takut akan kesuksesan dan kegagalan secara bersamaan. Ini bisa menjadi situasi yang sangat sulit, karena setiap pilihan yang diambil seseorang harus ditimbang dengan rasa takut ini. Sangat mungkin seseorang dalam situasi ini menjadi lumpuh karena keragu-raguan, tidak dapat membuat pilihan sama sekali.

Takut akan Promosi Diri

Ketakutan akan kesuksesan meliputi ketakutan akan promosi diri yang seringkali terkait erat dengan ketakutan akan kegagalan dan kesuksesan. Secara longgar didefinisikan sebagai jenis fobia sosial, ketakutan akan promosi diri dapat membuat sulit atau tidak mungkin untuk meminta kenaikan gaji, mencari pekerjaan yang lebih baik, atau bahkan mendapatkan kencan pertama. Ketakutan akan promosi diri terkadang dikaitkan dengan sindrom penipu, gangguan yang ditandai dengan perasaan seperti penipu, tidak peduli berapa banyak pencapaian yang kita buat.

Mengobati Rasa Takut Akan Kesuksesan dan Kegagalan

Takut akan kesuksesan dan kegagalan cenderung berespon baik terhadap pengobatan. Teknik kognitif-perilaku mungkin berfokus pada pemikiran otomatis dan keyakinan disfungsional yang berkontribusi pada ketakutan akan kesuksesan. Terapi psikoanalitik membantu seseorang lebih memahami pengalaman dan konflik mendasar yang dapat menyebabkan ketakutan ini.

Baca Juga:5 Tips Relaksasi untuk Fobia, Praktikkan dan Lawan Ketakutanmu!Menetapkan Tujuan dengan SMART, 5 Elemen Metode yang Tidak Akan Gagal

Baik rasa takut akan kesuksesan maupun kegagalan adalah kondisi kompleks yang dapat mencegah penderita mencapai potensi penuhnya. Namun, dengan bantuan profesional, kedua kondisi tersebut dapat berhasil diobati.

**AN

Referensi Verywellmind

0 Komentar