5 Cara Mengatasi Rasa Gugup

Cara mengatasi rasa gugup
Perasaan gugup dan khawatir kerap dialami seseorang saat akan tampil di depan umum atau mengikuti ujian. (foto/Freepik)
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Rasa gugup adalah hal yang wajar dialami setiap orang. Cara mengatasi rasa gugup pun setiap orang berbeda-beda tergantung apa yang sedang dihadapi.

Terkadang di suatu kesempatan seperti contohnya akan menjalani ujian sekolah, berpidato di depan banyak orang atau presentasi, seseorang akan mengalami rasa gugup berlebihan.

Cara mengatasi rasa gugup menjadi hal yang penting untuk diterapkan supaya apa yang akan dijalani menjadi lancar, dan tak terpengaruh oleh pikiran negatif yang hadir karena rasa gugup.

Baca Juga:25 Bahasa Gaul Anak Jaksel dan Artinya yang Sering Digunakan, Anak Sosmed Wajib Tahu7 Tipe-tipe Orang Toxic yang Wajib Dihindari

Lalu bagaimana cara mengatasinya rasa gugup yang paling mudah? Simak ulasan di bawah ini:

1. Berlatih

Cara mengatasi rasa gugup yang pertama adalah memperbanyak latihan supaya diri sendiri juga semakin yakin dengan kemampuan yang dimiliki.

Contohnya seperti saat akan menjalani ujian sekolah, untuk mengatasi rasa gugup jauh-jauh hari harus sudah berlatih materi ujian.

Atau untuk yang gugup karena akan presentasi sebaiknya berlatih mempraktekkan presentasi tersebut di depan cermin.

Semakin banyak berlatih maka kepercayaan diri akan semakin tumbuh sehingga rasa gugupnya bisa diminimalisir.

2. Berpikir Positif

Berpikir positif bisa menangani rasa gugup yang datang. Ketika sudah berlatih maka hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah dengan berpikir positif.

Berpikir positif contohnya seperti kalian sudah berlatih sebanyak mungkin sehingga di ujian nanti pasti ada kemungkinan bisa menjawab soal dengan baik.

Baca Juga:5 Tipe Orang yang Harus Dihindari untuk Traveling Bersama5 Cara Menjawab Telepon Penipuan: Trik Jitu Supaya Penipu Kapok

3. Fokus

Cara mengatasi rasa gugup sebelum ujian adalah dengan tetap fokus. Fokus di sini adalah tetap lihat diri kalian sendiri, tak perlu memikirkan bagaimana orang lain.

Contohnya seperti ketika ujian kalian hanya ingin menjalankannya sebaik mungkin, entah orang lain belajar atau tidak itu bukan urusan kalian.

Begitupula saat presentasi, fokuslah untuk membuat audiens paham tentang apa yang kalian sampaikan, penilaian di luar itu jangan terlalu dipikirkan.

4. Relaksasi

Realisasi orang-orang ketika sedang gugup berbeda-beda, namun tujuannya sama yaitu mengatasi rasa gugup yang hadir.

Relaksasi termudah adalah dengan mengatur napas sampai relaks, atau dengan minum air putih supaya lebih tenang.

0 Komentar