5 Ide Proker KKN Murah dan Bermanfaat

Proker KKN murah dan bermanfaat
Menjadi mahasiswa KKN memang dituntut untuk lebih kreatif dalam melaksanakan program kerja. (foto/Freepik)
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Memasuki tahun akhir kuliah mahasiswa akan dihadapkan dengan KKN. Seringkali banyak yang bingung membuat proker KKN murah dan bermanfaat bagi tempat pengabdian.

Menjadi mahasiswa memang harus dituntut kreatif dan bisa memanfaatkan sumber daya yang tersedia selama menjalankan tugas KKN.

Namun kendala biaya terkadang masih menjadi pertimbangan serius selama di kegiatan, dan akhirnya disiasati dengan membuat proker KKN murah dan bermanfaat.

Baca Juga:3 Kebiasaan Miliarder yang Jadi Kunci Sukses15 Ucapan Selamat Tidur dalam Bahasa Inggris Lengkap Beserta Artinya

Mewujudkan proker KKN murah dan bermanfaat bukanlah hal yang mustahil, selagi kreatifitas dan waktu benar-benar dimanfaatkan dengan baik selama KKN.

Berikut ini adalah ide proker KKN murah dan bermanfaat yang bisa menjadi inspirasi saat KKN:

1. Kerajinan dari Barang Bekas

Proker KKN murah dan bermanfaat yang pertama adalah mencetuskan kegiatan membuat kerajinan dari barang atau bahan-bahan bekas.

Kalian yang akan KKN jangan sungkan untuk bekerjasama dengan ibu-ibu PKK di desa tempat KKN.

Contoh kerajinan yang bisa dibuat adalah lilin dari minyak jelantah, bunga dari kulit jagung, tas dari plastik detergen atau pot bunga dari kaleg bekas.

Biaya yang dibutuhkan untuk melaksanakan proker membuat kerajinan dari barang bekas tentu tidak akan banyak karena barang-barang tersebut bisa didapatkan dengan mudah dan gratis.

2. Bank Sampah

Selain kerajinan dari barang bekas proker KKN yang murah dan bermanfaat lainnya adalah dengan membuat bank sampah.

Baca Juga:5 Cara Mengatasi Rasa Gugup25 Bahasa Gaul Anak Jaksel dan Artinya yang Sering Digunakan, Anak Sosmed Wajib Tahu

Bank sampah tersebut ditujukan untuk warga desa yang mempunyai barang-barang bekas berbahan plastik seperti bekas botol minum, galon sekali pakai dan lain-lainnya supaya bisa mengumpulkannya di bank sampah.

Modal membuat bank sampah pun tak sulit, hanya membutuhkan karung besar atau toren air bekas untuk menampung sampah botol plastik.

Setelah bank sampah tersebut sudah terlaksana maka botol plastik bisa dijual atau dimanfaatkan untuk membuat kerajinan.

3. Taman Vertikal

Ada yang pernah mendengar istilah taman vertikal? Ya, taman vertikal berarti menanam tanaman di pot lalu pot tersebut digantungkan di tembok.

Proker ini bisa berkolaborasi dengan sekolah TK atau SD untuk membuat taman vertikal di sekolah bersama siswa-siswa di sana.

0 Komentar