4 Macam Kuliner Khas Aceh Tamiang yang Wajib Dicoba! Lezat, Enak, dan Sulit Ditemukan

Kuliner khas Aceh Tamiang
Buah Malaka (foto: Bosmeal)
0 Komentar

Sambil membulatkan adonan, panaskan air dengan daun pandan hingga mendidih. Setelah itu, masukkan adonan, angkat, dan letakkan di atas parutan kelapa. 

Buah malaka pun sudah siap dihidangkan. Buah Malaka ini memiliki rasa yang lezat dan manis. 

Jika dilihat, kuliner khas ini hampir mirip dengan klepon kuliner khas Jawa loh guys. 

Baca Juga:Tidak Hanya Lezat Tapi Juga Memiliki Sejuta Manfaat, Inilah 6 Manfaat Cokelat untuk Kesehatan Beserta Tips MengonsumsinyaCokelat Bisa Buat Awet Muda? Inilah 5 Manfaat Cokelat Bagi Tubuh yang Wajib Kamu Ketahui

Rujak Aceh 

Indonesia kaya akan aneka buah dan sayurnya. Oleh karena itu, tak heran jika di setiap daerah pasti ada menu khas berupa rujak. 

Misalnya, di Surabaya dan Madura terkenal dengan Rujak Cingur. Kemudian, Bandung dan sekitarnya terkenal dengan Rujak Bebek. 

Nah, Aceh juga tak mau ketinggalan dong. Aceh memiliki kuliner khas bernama Rujak Aceh yang memiliki citarasa unik.  

Tentu saja ada perbedaan yang signifikan yang membuat kuliner khas Aceh Timang ini terasa berbeda. Lantas apa perbedaannya? 

Perbedaan tersebut bisa dilihat dari masyarakat lokal sering menambahkan buah pisang muda, buah batok, dan juga buah rumbia untuk menemani buah lain yang digunakan pada Rujak Aceh. 

Tidak hanya itu saja, bumbu kacang yang digunakan pada kuliner khas Aceh Tamiang yang satu ini juga memiliki tekstur yang lebih kasar. 

Bahkan terkadang kacang masih berbentuk butiran yang utuh, lalu disiram dengan kuah gula yang memiliki rasa manis, pedas, dan asin yang sempurna.  

Baca Juga:Nyari Tempat Nongkrong Hits dan Seru Ketika di Pare? Inilah 5 Cafe di Kampung Inggris yang Wajib Kalian KunjungiMurah dan Berkualitas! Inilah 5 Keunggulan dari ESQA Flawless Powder Foundation

Perpaduan bumbu pedas dan buah segar merupakan perpaduan yang pas dan ciamik.  

Timpan 

Satu lagi kue tradisional yang menjadi favorit masyarakat Aceh Tamiang. Kuliner khas Aceh Tamiang ini bernama kue Timpan  

Kue Timpan ini merupakan jajanan tradisional yang terbuat dari adonan tepung, santan, gula, parutan kelapa, ketan, dan juga potongan buah pisang. 

Memiliko rasa yang manis dari gula aren dan gurih dari santan kelapa, serta sedikit rasa asam dari potongan buah pisang membuat Timpan kaya akan citarasa nusantara yang wajib banget kalian coba. 

0 Komentar