Mau Rambut Kuat Anti Rontok? Ini 4 Cara Memakai Teh Hijau untuk Rambut Biar Kamu Nggak Botak di Usia Muda!

cara memakai teh hijau untuk rambut
ilustrasi rambut rontok jadi tebal/youtube
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Rambut sehat dan kuat adalah impian semua orang. Salah satu cara mewujudkannya adalah dengan cara memakai teh hijau untuk rambut. Masalah rontoknya rambut akan teratasi.

Ada berbagai faktor yang menjadi penyebab rambut rontok. Misalnya stres, hormon, bisa juga dari genetik atau keturunan. Dari berbagai cara untuk menjaga rambut agar nggak rontok, kamu bisa mencobanya dengan menggunakan teh hijau.

Manfaat Teh Hijau untuk Rambut

Teh hijau punya segudang manfaat yang baik untuk tubuh, salah satunya termasuk untuk kesehatan rambut. Ada senyawa Epigallocatechin gallate (EGCG) di dalam teh hijau, yaitu antioksidan yang bisa menghambat efek hormon penyebab kerontokan.

Baca Juga:Alhamdulillah Manjur! Ini 7 Minuman Herbal Menurunkan Kolesterol, Enak dan Mudah Didapatkan Bisa Kamu Buat SendiriKolesterol Langsung Longsor! Ini 5 Cara Alami Menurunkan Kolesterol, Bukan Obat atau Resep Aneh, Bisa Kamu Nikmati dengan Enak

Hormon tersebut adalah dihidrotestisteron yang biasanya memiliki kadar cukup tinggi pada pria. Dengan ditekannya produksi hormon penyebab kerontokan tadi, maka rambut akan lebih kuat.

ilustrasi teh hijau/pexels

Selain itu, teh hijau juga memiliki manfaat untuk mempercepat pertumbuhan rambut. Ada penelitian di dalam jurnal Phytomedicine yang mengungkapkan bahwa EGCG di dalam teh hijau tadi bisa mempercepat pertumbuhan rambut.

EGCG atau disebut juga dengan katekin pada teh hijau akan merangsang folikel rambut dan mencegah kerusakan sel dan kulit rambut.

Cara Memakai Teh Hijau untuk Rambut

Ada berbagai cara untuk mendapatkan rambut anti rontok dengan teh hijau. Berikut beberapa pilihan cara memakai teh hijau untuk rambut yang bisa kamu lakukan di rumah.

1. Membuat Masker Rambut dari Teh Hijau

Yang pertama, cara memakai teh hijau untuk rambut adalah dengan membuatnya menjadi masker rambut. Untuk cara ini, kamu perlu keramas terlebih dahulu sampai bersih agar kandungan di dalam teh hijau bisa meresap ke kepala dan rambut secara maksimal.

Inilah langkah yang harus kamu ikuti untuk membuat masker teh hijau:

  • Siapkan teh hijau dan air panas sedikit saja, ini agar teh hijau lebih kental saat menjadi masker
  • Seduh teh hijau, dan diamkan selama semalam
  • Paginya, aplikasikan teh hijau ke rambut secara merata
  • Diamkan selama 15 menit
  • Bilas rambut sampai bersih
0 Komentar