MENGINSPIRASI ! Cara Asik Perkenalan Murid, Tips untuk Guru di Tahun Ajaran Baru 2023-2024

Cara Asik Perkenalan Murid
Defi Setyowati bersama murid-muridnya di SD Negeri Gading Kasri, Malang. (foto; dokumen yayasan guru belajar)
0 Komentar

JAKARTA, RADARPEKALONGAN.ID – Cara asik perkenalan murid di tahun ajaran baru bermacam-macam. Tujuannya adalah agar murid merasa nyaman dan betah di sekolah.

Defi Setyowati, guru kelas 1 SD Negeri Gading Kasri, Malang, berbagi cara seru sesi perkenalan di hari pertama masuk sekolah. Cara ini menyesuaikan karakteristik murid-muridnya yang suka bermain tapi masih pemalu.

Dia mengungkapkan, setelah mengikuti program beasiswa #TetapBelajar dari NusantaRun dan Kampus Pemimpin Merdeka, dia memahami betapa pentingnya memfasilitasi aktivitas yang sesuai dengan kesukaan dan kebutuhan murid.

Baca Juga:ANTUSIAS ! Mahasiswa Unnes Giat Angkatan 5 Mengadakan Reading Tour Bersama Anak-Anak di Desa PlumbunganBUKAN MAIN ! 75 Sekolah Belajar Siap Kurikulum, Ini yang Perlu Disiapkan Guru pada Tahun Ajaran Baru

Cara asik perkenalan murid bru dilakukan Defi Setyowati bersama murid-muridnya di SD Negeri Gading Kasri, Malang. (foto: dok.yayasan guru belajar)

Cara Asik Perkenalan Murid Baru, Mereka Sukanya Apa

“Saya perhatikan dulu, murid saya ini sukanya apa. Terkadang kita, guru, buat aktivitas yang terlihat menyenangkan, menyenangkannya buat kita, bukan buat murid,” kata Defi

Defi mengawali sesi dengan mengajak murid menonton video cara berkenalan. Dia memilih media video karena mengetahui murid-muridnya sangat lekat dengan teknologi tersebut.

Setelahnya, Defi memberi contoh memperkenalkan diri dengan bahasa yang sopan. Defi juga mengajak murid untuk bersepakat mengenai apa saja yang perlu disebutkan sebagai perkenalan awal, yakni nama, alamat rumah, hobi, dan cita-cita.

Kemudian murid akan mencoba melakukannya berpasangan dengan teman satu bangku. Saat sudah selesai, Defi kemudian membagi murid berkelompok. Di sini murid ditantang untuk berbicara di depan lebih banyak orang.

“Jadi kita tingkatkan secara perlahan rasa percaya diri murid. Awalnya di depan satu teman dulu, lalu kemudian beberapa teman. Setelah terpupuk, rasa malunya mulai hilang sedikit-sedikit, baru saya ajak kenalan di depan kelas,” jelas Defi saat berbagi praktiknya itu di Perayaan Belajar #TetapBelajar pada Jumat (14/07/2023).

Sesi perkenalan di depan kelas Defi padukan dengan permainan talking stick. Permainan ini dilakukan dengan cara estafet spidol sambil bernyanyi bersama. Pemilihan lagu disesuaikan dengan kesukaan murid.

Baca Juga:STOP Lengah ! Hindari Kendaraan Depan Rem Mendadak dengan 3 Tips Cari AmanMANTUL ! Manfaatkan Voucher Rp 250 Ribu untuk Konsumen Honda Bigbike Jateng Diklaim Hingga 31 Juli 2023

Secara berkala Defi akan memberi aba-aba agar nyanyian berhenti. Murid yang memegang spidol saat lagu berhenti, dia yang akan maju ke depan kelas untuk berkenalan. Hal tersebut dilakukan berulang hingga semua murid sudah maju.

0 Komentar