7 Cara Meningkatkan Self-Esteem, Harga Dirimu Bisa Menjadi Lebih Baik

Meningkatkan self-esteem
Meningkatkan self-esteem. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Cobalah untuk fokus pada tujuan dan pencapaianmu sendiri, daripada mengukurnya dengan pencapaian orang lain ketika kamu ingin meningkatkan self-esteem. Tidak ada yang membutuhkan tekanan semacam itu dalam hidup mereka.

Kebenaran yang menyedihkan adalah selalu ada seseorang yang akan melakukan lebih baik darimu dalam hidup, tetapi itu tidak berarti mengatakan bahwa kamu tidak pandai dalam apa yang kamu lakukan, kita semua berbeda dan kita semua pandai dalam hal yang berbeda.

Cara terbaik untuk meningkatkan self-esteem adalah berhenti membandingkan dirimu dengan orang lain, karena tidak ada gunanya membenci diri sendiri dan kemampuanmu, itu hanya akan membuatmu merasa lebih buruk. Kamu harus positif dan bangga dengan semua yang kamu lakukan, kamu unik dengan caramu sendiri dan itulah yang penting.

Sadarilah Bahwa Tidak Ada Orang yang Sempurna

Baca Juga:3 Tanda Kamu Adalah Korban Gaslighting, Jangan Lengah!3 Cara Menemukan Passion, Bantu Kamu Tampil Lebih Passionate

Selalu berusaha untuk menjadi versi taruhan dari dirimu sendiri, tetapi penting juga untuk menerima bahwa kesempurnaan adalah tujuan yang tidak realistis. Meskipun kamu mungkin melihat orang mengatakan sesuatu itu ‘sempurna’, sebenarnya tidak, itu sering kali hanya cara untuk mengatakan bahwa segala sesuatunya baik pada saat ini, tidak ada yang sempurna tidak peduli berapa kali orang memberi tahu mereka atau hidup mereka.

Kita perlu ingat bahwa kita semua membuat kesalahan dalam hidup, dan tidak apa-apa melakukannya, karena kita belajar darinya. Jadi dalam meningkatkan self-esteem, ingatlah jika kamu merasa sedih akan sesuatu hal itu tidak akan berlangsung selamanya dan rasa kesal yang kamu rasakan hanya bersifat sementara.

Fokus pada Apa yang Bisa Kamu Ubah

Hal terbaik untuk dilakukan dalam meningkatkan self-esteem adalah fokus pada hal-hal yang dapat kamu ubah, jangan mencoba mengubah yang tidak mungkin. Buat saja perubahan kecil dengan hidupmu atau dirimu sendiri, jika kamu tidak bahagia. Itu bisa berupa mengganti rambut, membeli baju baru, menjadi lebih bugar, membantu orang lain. Sesuatu yang akan membuatmu merasa puas dan lebih percaya diri, perubahan ini mungkin terjadi.

Kamu tidak dapat mengendalikan badai yang akan datang, tetapi kamu dapat mempersiapkannya. Kamu tidak dapat mengontrol bagaimana orang lain berperilaku, tetapi kamu dapat mengontrol bagaimana kamu bereaksi. Yang dapat kamu kendalikan hanyalah upaya dan sikapmu, ketika kamu mencurahkan energi ke dalam hal-hal yang dapat kamu kendalikan, kamu akan jauh lebih efektif. Itulah yang penting bagimu untuk meningkatkan self-esteem.

0 Komentar