Pelembab Tidak Berfugsi! Ini 5 Penyebab Kulit Kering Meski Kamu Sudah Menggunakan Moisturizer

Kulit kering
Kulit kering. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Apakah kamu melembabkan kulit dan kemudian bertanya-tanya mengapa kulitmu masih sangat kering? Kulit kering adalah masalah umum. Sekitar 30% orang memilikinya pada waktu tertentu.

Kulit kering atau xerosis dapat menyerang siapa saja, tanpa memandang usia, jenis kelamin, kesehatan, atau apakah kamu berusaha merawat kulitmu dengan baik. Faktor-faktor tersebut mungkin berperan dalam kulit kering, seperti musim dan tempat tinggalmu.

Tapi kamu bisa mengambil langkah-langkah di luar pelembab untuk mendapatkan dan menjaga kulitmu terasa halus dan kenyal. Artikel ini membahas banyak penyebab kulit kering sehingga kamu memiliki bayangan untuk bisa mengatasinya.

Baca Juga:Nggak Mahal! Ini 7 Manfaat Kesehatan Semangka yang Bisa Kamu DapatkanTips Menurunkan Berat Badan: Ini 5 Manfaat Semangka untuk Diet yang Kamu Lakukan

Alasan Kulit Bisa Kering Bahkan Setelah Menggunakan Pelembab: Penyebab Kulit Kering

Saat kulit kering bahkan setelah dilembabkan, saatnya untuk melihat keseluruhan gambaran tentang apa yang memengaruhi kulitmu. Bisa jadi:

  • Kebiasaanmu (terlalu sering keramas, mandi terlalu lama, menggunakan produk yang salah)
  • Lingkunganmu (cuaca kering, AC, air sadah)
  • Kesehatanmu (kondisi medis, obat-obatan, malnutrisi)
  • Aspek siapakah dirimu atau aspek identitas (usia, etnis, genetika)

Terlalu Sering Membasuh Kulit

Ini mungkin terdengar aneh, tetapi kamu bisa mencuci kulit terlalu banyak. Itu karena kamu dapat menghilangkan zat-zat bermanfaat yang membantu kulitmu tetap sehat.

Sering mencuci tangan dan menggunakan pembersih tangan dapat mengeringkan kulitmu. Untuk mencegahnya, keringkan tangamu alih-alih menggosoknya dan lembapkan sesudahnya.

Sabun dan Pembersih yang Keras atau Mengiritasi

Bukan kebetulan bahwa beberapa asam membentuk NMF—kulit tetap sehat di lingkungan asam tersebut.

Tetapi banyak sabun bersifat basa (berlawanan dengan asam.) Mereka keras, mengiritasi, dan menghilangkan kelembapan alami kulit sehingga situasi kulit kering terjadi.

Parfum

Wewangian dalam produk perawatan kulit juga bisa menyebabkan iritasi. Kulitmu mungkin juga rusak oleh pewangi tambahan pada deterjen dan pelembut kain.

Baca Juga:Fakta Manfaat Lemon untuk Kesehatan Tubuh, Kamu Perlu Tahu!Lemon Bisa Mengatasi Jerawat, Memangnya Iya? Baca Ini Biar Nggak Salah Kaprah

Produk beraroma yang menempel pada atau di kulitmu juga dapat menyebabkan alergi, yang dapat menyebabkan lebih banyak lagi masalah kulit.

Jika pelembapmu tampak kurang efektif untuk kulit kering dari sebelumnya, periksa tanggal kedaluwarsanya. Meskipun pelembap biasanya bertahan cukup lama, ada kemungkinan bahan-bahannya secara bertahap menjadi kurang efektif.

0 Komentar