Pelembab Tidak Berfugsi! Ini 5 Penyebab Kulit Kering Meski Kamu Sudah Menggunakan Moisturizer

Kulit kering
Kulit kering. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Menyimpan pelembap di dekat sumber panas, seperti jendela atau pemanas, dapat menyebabkannya lebih cepat kehilangan keefektifannya.

Kegagalan Pengelupasan

Kulitmu terus-menerus mengalami proses pelepasan sel-sel mati yang kering dan menggantinya dengan yang baru. Terkadang, sel-sel mati menumpuk di permukaan kulit dan membuatnya tampak bersisik.

Mengelupas kulitmu dengan lembut dapat membantu mengelupaskan sel-sel ini dan membuat kulitmu terlihat dan terasa lebih baik.

Mandi Air Panas

Baca Juga:Nggak Mahal! Ini 7 Manfaat Kesehatan Semangka yang Bisa Kamu DapatkanTips Menurunkan Berat Badan: Ini 5 Manfaat Semangka untuk Diet yang Kamu Lakukan

Mandi air panas yang lama mungkin terasa menyenangkan, tetapi panas dan paparan air yang terlalu lama dapat menghilangkan minyak dari kulit sehingga kulit kering terjadi.

Banyak ahli merekomendasikan untuk menurunkan suhu air dan membiarkannya paling lama 10 menit. Tepuk-tepuk kulit hingga kering alih-alih menggosok, lalu oleskan losion.

Cuaca Kering

Udara dingin lebih kering daripada udara hangat, sehingga cuaca yang lebih dingin dapat menaikkan risiko kulit kering.

Tetapi hanya karena panas tidak berarti kulitmu aman—paparan sinar matahari yang terlalu lama juga dapat menyebabkan efek pengeringan.

Udara hangat mengandung lebih banyak uap air daripada udara dingin karena air cenderung berubah menjadi uap pada suhu yang lebih tinggi.

AC

Kulit kering musim panas juga dapat dikaitkan dengan menjalankan AC karena efek udara dingin pada tingkat kelembapan. Kecuali jika kamu menggunakan pendingin evaporatif (yang menggunakan air), AC yang membuatmu nyaman bisa terasa keras di kulitmu.

Kamu mungkin ingin menyalakan pelembap dengan AC, terutama jika kamu tinggal di iklim kering.

Paparan Klorin

Baca Juga:Fakta Manfaat Lemon untuk Kesehatan Tubuh, Kamu Perlu Tahu!Lemon Bisa Mengatasi Jerawat, Memangnya Iya? Baca Ini Biar Nggak Salah Kaprah

Berenang di air yang diklorinasi mengeringkan kulit dengan menghilangkan minyak pelindung di lapisan terluarnya. Itu juga membuat kulit kering dan lebih keropos, yang memungkinkan kelembapan keluar.

Sangat penting untuk membersihkan klorin dari kulitmu dan melembapkannya saat kamu keluar dari kolam renang atau bak mandi air panas.

Kamu mungkin mengalami ruam klorin jika kulitmu merah, gatal, lunak, bengkak, atau bersisik beberapa jam setelah berenang

Itulah beberapa penyebab kulit kering yang perlu kamu ketahui sebelum mencoba menanganinya.

**AN

Referensi Verywellhealth

0 Komentar