Lemon Bisa Mengatasi Jerawat, Memangnya Iya? Baca Ini Biar Nggak Salah Kaprah

Lemon bisa mengatasi jerawat
Lemon bisa mengatasi jerawat. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Lemon banyak disebut-sebut sebagai pengobatan alami, sederhana, dan murah untuk jerawat dan bekas jerawat. Tapi apakah lemon bisa mengatasi jerawat? Sebelum kamu mulai menggunakan lemon pada kulitmu, mari kita lihat apa yang dikatakan sains tentang pernyataan bahwa lemon bisa mengatasi jerawat.

Apakah Lemon Bisa Mengatasi Jerawat?

Lemon secara tradisional telah digunakan sebagai pengobatan jerawat dalam pengobatan berbasis herbal. Dan banyak blog kecantikan, majalah, dan resep perawatan kulit DIY yang terinspirasi dari alam hari ini terus memuji manfaat jus lemon untuk jerawat dan bekas jerawat.

Namun, tidak ada bukti yang mendukung gagasan bahwa lemon bisa mengatasi jerawat atau bekas luka.

Baca Juga:3 Rekomendasi Olahraga di Rumah yang Bisa Kamu Lakukan Secara Gratis3 Cara untuk Menghadapi Insecurity dalam Hubungan

Astringen dan Antibakteri

Meski pernyataan bahwa lemon bisa mengatasi jerawat itu salah, lemon memang memiliki kualitas yang membuatnya tampak seperti perawatan perawatan kulit yang hebat. Ini sedikit zat, sehingga dapat membantu mengurangi sifat berminyak.

Ini juga antibakteri, terutama karena menciptakan lingkungan asam yang tidak disukai bakteri. Memiliki kualitas antibakteri saja tidak cukup untuk mengatakan bahwa lemon bisa mengatasi jerawat.

Sangat Asam

Kulit manusia secara alami sedikit asam, dengan pH antara 4,5 dan 5,5. Lemon adalah asam yang jauh lebih kuat, dengan pH sekitar 2.

Meskipun itu tidak terdengar seperti perbedaan besar, jika kamu mempertimbangkan bahwa dengan setiap penurunan pada skala pH, keasaman meningkat 10. Jadi, lemon tidak hanya dua kali lebih asam, tetapi sebenarnya 100 kali lebih asam daripada kulitnya. Alih-alih pernyataan bahwa lemon bisa mengatasi jerawat, lemon justru berpotensi memperparahnya.

Iritasi Kulit Saat Dioleskan

Jadi tidak diragukan lagi bahwa air perasan lemon akan terasa perih (sangat menyengat) saat dioleskan pada jerawat, terutama jerawat yang kamu petik.

Tapi tahukah kamu bahwa karena pH jus lemon yang rendah, dapat menyebabkan luka bakar kimiawi? Meski tidak membakar kulitmu, bisa menyebabkan dermatitis kontak, ruam gatal yang muncul saat kulitmu teriritasi.

Hanya karena zat seperti lemon itu alami, bukan jaminan otomatis bahwa lemon bisa mengatasi jerawat dan aman untuk kulit.

Luka Bakar Parah Saat Tercampur Dengan Sinar Matahari

0 Komentar