Bocoran 7 Cara Memulai Bisnis Online dari Nol, Kamu Wajib Tahu!

Cara Memulai Bisnis Online dari Nol
Cara Memulai Bisnis Online dari Nol (freepik.com)
0 Komentar

3. Menyusun Rencana Bisnis

Setelah kamu cocok mau jualan produk apa, saatnya mengeksekusi. Susunlah rencana bisnis sederhana untuk setidaknya mulai serius mengembangkan jenis produk yang dirasa bisa menjawab permasalahan pasar yang ada.

Ada beberapa hal yang mesti direncanakan agar bisnis nantinya dapat berjalan dengan baik. Diantarannya adalah deskripsi bisnis , analisis bisnis, layanan dan produk, sampai rencana pemasarann dan keuangan.

4. Riset Pasar

belanja online di marketplace (Freepik.com)

Jangan sia-siakan juga untuk meneliti pasar. Terutama pasar yang terkait dengan produk. Karena kalau tidak begitu akan membuat produk yang kamu rintis tak ada gambaran ke depannya.

Baca Juga:Jadi Dropshipper, 6 Cara Jualan Online Tanpa Modal Tapi Selalu UntungAsli Cuma 3 Langkah! Begini Cara Buat Website Jualan untuk Memulai Pemasaran Online

Ketika kamu riset pasar yang terkait dengan produkmu, kamu bisa menilai apa kekurangan, peluang, bahkan kelebihan produk yang kam u tawarkan.

Analisis sedetail mungkin produk yang akan dikembangkan. Riset tentang pasar ini akan membantu memahami produk yang kamu rintis.

5. Tentukan Platform untuk Berjualan

Selanjutnya kalau dirasa sudah yakin saatnya untuk menentukan marketplace yang tepat. Dalam menentukan tempat berjualan ini penting untuk paham tentang jenis produkmu.

Kalau bentuknya adalah produk barang jadi, lebih baik pilih platform seperti marketplace. Sedangkan kalau produk yang ditawarkan berupa jasa, lebih baik promosi di sosial media saja. karena masing-masing punya plus minusnya.

6. Maksimalkan Fitur Marketplace atau Sosmed

Kelebihan Sosial Media TikTok (YouTube/Septian Bramandita)

Fitur di marketplace dan sosial media yang ada sebaiknya gunakan semaksimal mungkin. Misalnya video, foto, ulasan review dan komentar.

Dirimu harus meluangkan waktu untuk melayani setiap komentar yang ada. Karena setiap fitur yang ada memiliki fungsi untuk meningkatkan penjualan. Jangan sampai tidak memanfaatkannya dengan baik.

Baca Juga:Pasti Untung Deh, 6 Jualan Online yang Laris dan Modal DikitRasanya Begitu Kental, Yuk Kenali 9 Kopi Asia Paling Populer Abad ini

7. Promosi Produk di Sosial Media

Buat kamu jangan ragu untuk mempromosikan jualan produkmu. Cara memulai bisnis online dari nol adalah dengan mempromosikan lewat sosial media.

Mempromosikan lewat sosial media peluangnya besar sekali untuk meningkatkan penjualan. Sayang sekali kalau tidak memanfaatkannya karena ada begitu banyak penggunanya.

Itulah cara memulai bisnis online dari nol yang bisa dilakukan. Selamat mencoba dan buktikan sendiri. (*)

0 Komentar