Bagaimana Cara Merawat Kulit Sensitif yang Benar? Simak Do’s and Don’ts Berikut Agar Kesehatannya Selalu Terjaga

Cara merawat kulit sensitif
ilustrasi wanita memakai masker/pexels
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Cara merawat kulit sensitif tentunya berbeda dengan jenis kulit lain. Kulit sensitif memiliki ciri-ciri kering, mudah mengelupas, dan juga rentan terkena iritasi. Bahkan, udara dan cuaca pun bisa sangat mempengaruhi kulit sensitif.

Belum lagi dengan berbagai produk skincare atau kecantikan yang banyak sekali jenisnya. Kulit sensitif tidak bisa memakainya secara sembarang karena efeknya langsung bisa dirasakan. Jadi kalau perawatan yang dilakukan tidak sesuai, pemilik kulit sensitif akan sangat menderita.

Cara Merawat Kulit Sensitif yang Benar: Do’s

Pemilik kulit sensitif harus melakukan perawatan yang sesuai agar bisa terhindar dari iritasi dan kesehatan kulit juga terjaga. Berikut hal yang harus dilakukan untuk merawat kulit sensitif:

1. Pilih Produk Perawatan Khusus

ilustrasi produk perawatan wajah/pexels

Baca Juga:Tenang, Begini Cara Mengatasi Jerawat yang Terlanjur Dipencet, Lakukan dengan Benar Maka Kulitmu Akan Pulih KembaliBerbahagialah! Ini 8 Keuntungan Punya Wajah Berminyak, Kerutan Tidak Cepat Muncul

Entah itu produk skincare atau kosmetik, pemilik kulit sensitif harus memilih produk yang sesuai dengan jenis kulitnya. Hindari pemilihan produk dengan kandungan alkohol denaturasi karena bisa menyebabkan kulit semakin kering dan merusak skin barrier.

Beberapa jenis alkohol yang harus dihindari pemilik kulit sensitif yaitu ethyl alcohol, methyl alcohol, isopropyl alcohol, dan methanol. Sebagai gantinya, gunakan alkohol jenis lain sebagai cara merawat kulit sensitif karena alkohol tersebut bisa menambah kadar minyak alami untuk kulit sensitif.

Untuk melembapkan kulit, kamu bisa memilih kandungan alkohol cetearyl alcohol, cetyl alcohol, arachidyl alcohol, dan stearyl alcohol.

2. Gunakan Face Wash yang Lembut

Kulit sensitif juga perlu dibersihkan secara rutin. Cara merawat kulit sensitif ini perlu dilakukan dengan menggunakan sabun cuci muka yang lembut. Oleh karena itu, hindari pemakaian produk dengan kandungan yang bisa mengikis minyak alami kulit dan lapisan skin barrier.

Kamu bisa menghindari penggunaan sodium lauryl sulphate, sodium laureth sulphate, dan sodium sulphosuccinate agar kulit tidak mudah kering dan iritasi.

3. Pakai Sunscreen Saat Beraktivitas di Luar

Cara merawat kulit sensitif yang satu ini sama dengan perawatan untuk jenis kulit lainnya. Hal ini karena semua jenis kulit, termasuk sensitif membutuhkan perlindungan khusus terhadap paparan sinar matahari sehingga tidak akan terkena sinar UV secara langsung.

0 Komentar