Mahasiswa KKN-TI IPB Berkolaborasi dengan KWT Desa Kandangserang dalam Pembudidayaan Sayur-Mayur

KKN-TI IPB
Mahasiswa KKN-TI IPB berkolaborasi dengan KWT Desa Kandangserang Kabupaten Pekalongan dalam budidaya sayur-mayur. (Dok)
0 Komentar

PEKALONGAN, RADARPEKALONGAN.ID – Tim Kuliah Kerja Nyata Tematik Inovasi IPB University (KKN-TI IPB) Kabupaten Pekalongan kelompok 04 mendapatkan tempat lokasi KKN di ketinggian 300 – 500 mdpl.

Daerah tersebut berlokasi di Desa Kandangserang, Kecamatan Kandangserang, Kabupaten Pekalongan.

Luasnya lahan pertanian serta kondisi alam yang cocok untuk membudidayakan komoditas pertanian membuat produktivitas Kelompok Wanita Tani (KWT) di Desa Kandangserang sangat tinggi.

Namun, pengetahuan KWT tentang cara menanam sayuran masih belum sepenuhnya tepat sehingga hasil pertanian tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Baca Juga:Puan Ingin Jateng Kembali Jadi Lumbung Suara untuk PDI-P agar Cetak Hattrick Menang PemiluUPT Kemenkumham se-Karesidenan Pekalongan Bakti Sosial Bantu Anak Stunting

Mahasiswa KKN-TI IPB Beri Pendampingan KWT

Memanfaatkan hal itu, mahasiswa KKN-TI IPB melakukan pendampingan kepada KWT gunameningkatkan pengetahuan tentang teknik budidaya pertanian, baru-baru ini.

Pendampingan tersebut berupa kegiatan penyampaian materi yang dibagi menjadi beberapa kali pertemuan dengan setiap pertemuan memiliki materi yang berbeda.

Materi tersebut mengenai teknik pengolahan lahan, persemaian, cara penanaman, jarak tanam, pemanenan, cara perawatan tanaman, dan budidaya tanaman secara hidroponik.

Antusiasme kegiatan ini tidak hanya dihadiri oleh KWT Desa Kandangserang, melainkan perwakilan ibu-ibu PKK juga turut hadir dalam setiap kegiatan.

Adanya pendampingan oleh mahasiswa KKN Tematik Inovasi IPB diharapkan dapat memberikan pemahaman baru mengenai teknik budidaya pertanian yang dilakukan oleh KWT Desa Kandangserang.

Selain itu, hadirnya mahasiswa KKN-TI IPB bertepatan dengan adanya kegiatan lomba KWT tingkat Kabupaten Pekalongan sehingga disamping memberikan materi, mahasiswa KKN-TI IPB juga membantu mengurus polindes yang merupakan lahan atau tempat kegiatan tersebut. (*)

0 Komentar