Ternyata Ada! Ini 6 Manfaat Menangis untuk Kesehatan Mental

Manfaat menangis untuk kesehatan mental
Manfaat menangis untuk kesehatan mental. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Menangis juga memiliki fungsi sosial yang penting. Meskipun kamu mungkin tidak memiliki kata-kata untuk meminta bantuan atau penghiburan, melihat air mata di wajahmu seringkali cukup membuat seseorang memahami bahwa kamu membutuhkan bantuan. Jika kamu pernah melihat seseorang menangis dan merasakan dorongan naluriah untuk memeluknya atau membantunya, kamu tahu kekuatan tangisan itu.

Fungsi sosial juga penting untuk kesehatan mentalmu, karena menerima empati dan bantuan dari orang lain dapat membuatmu merasa tidak terlalu terisolasi dan kamu tidak perlu memikul beban emosional ini sendirian.

Manusia adalah spesies sosial, jadi perasaan bahwa kita tidak sendiri sangat penting untuk kesejahteraan mental kita.

Dinginkan Otakmu

Baca Juga:2 Cara Ampuh Berhenti Menangis, Bahkan Ketika Kamu Kesulitan MelakukannyaTidak Sama! Ini Perbedaan Ketakutan dan Fobia

Seperti bagian lain dari tubuh, otakmu dapat menjadi terlalu panas dan penelitian menunjukkan bahwa peningkatan suhu otak yang kecil saja dapat berdampak negatif pada suasana hatimu. Sementara itu, manfaat menangis untuk kesehatan mental—terutama isak tangis yang intens—adalah merangsang aliran darah ke otak dan menyebabkan kamu bernapas lebih keras.

Aliran darah dan peningkatan aliran udara dari pernapasan membantu menurunkan suhu otak, yang pada gilirannya dapat meningkatkan suasana hati dan menciptakan rasa lega.

Tingkatkan Tidur

Manfaat menangis untuk kesehatan mental yang lain adalah membantu tidur. Saat kamu menangis, sistem saraf parasimpatis aktif. PNS bertanggung jawab untuk mengembalikan tubuhmu ke homeostasis setelah peristiwa yang membuat stres. Proses perpindahan dari keadaan stres ke keadaan homeostatis membuatmu merasa lega, tenang, dan siap untuk beristirahat—semuanya dapat membuatmu lebih mudah tertidur.

Selain itu, manfaat menangis untuk kesehatan mental adalah bahwa tangisan yang intens menghabiskan banyak energi, membuatmu merasa lelah di akhir sesi menangis yang panjang. Dalam beberapa kasus, kamu mungkin merasa cukup lelah untuk tertidur dengan cepat. Banyak efek penghilang stres dan menenangkan yang dimiliki menangis juga dapat membantumu lebih mudah tertidur.

Tidur nyenyak yang cukup sangat penting untuk kesehatan mentalmu. Kurang tidur tidak hanya menyebabkan tingkat stres dan psikosis yang tinggi, tetapi meningkatkan kualitas tidur kamu dapat memperbaiki gejala depresi, kecemasan, dan kesejahteraan psikologis secara keseluruhan.

0 Komentar