Self-Centered: 5 Tanda Bahwa Seseorang Memusatkan Dunia Kepada Diri Sendiri

Self-centered
Self-centered. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Self-centered atau egois berbeda dari self-care atau perawatan diri, karena sementara perawatan diri melibatkan mengurus kebutuhanmu dan terkadang mengutamakan diri sendiri, terutama jka kamu berurusan dengan sesuatu yang membuat stres, self-centered melibatkan hanya memikirkan diri sendiri.

Artikel ini membahas tanda-tanda bahwa seseorang terlalu self-centered atau egois dan menyarankan beberapa strategi yang dapat membantumu memahami perilakunya dan mengatasinya. Kami juga membantumu menjelajahi apakah kamu mungkin terlalu egois dan bagaimana kamu dapat menguranginya.

Apa Tanda-Tanda Seorang dengan Self-Centered?

Ini adalah enam tanda bahwa seseorang terlalu self-centered.

Mereka Mendominasi Percakapan

Baca Juga:Vampir Energi: Kenali 5 Tanda Orang yang Menguras EnergimuBirthday Depression: Mengapa Kamu Justru Membenci Ulang Tahunmu Sendiri

Orang yang egois cenderung berbicara paling banyak dalam percakapan dan rapat, kata Aimee Daramus, PsyD, psikolog klinis berlisensi dan penulis “Understanding Bipolar Disorder”.

Ketika kamu berbicara dengan mereka, rasanya percakapan hanya berfokus pada kehidupan mereka, pencapaian mereka, dan masalah mereka.

Mereka Kurang Empati

Berempati dengan orang lain mengharuskan seseorang untuk menempatkan diri pada posisi orang lain dan memahami perasaan mereka. Orang yang egois mungkin tidak bisa melihat sesuatu dari sudut pandang orang lain untuk berempati dengannya.

Mereka Mengambil Lebih dari yang Mereka Berikan

Orang yang self-centered sering mengambil lebih dari yang mereka berikan. Hubunganmu dengan mereka bisa terasa sepihak karena kamu merasa berusaha sekuat tenaga untuk mempertahankannya, tanpa mendapatkan imbalan apa pun.

Mereka Ingin Sesuatu Dilakukan dengan Cara Mereka

Orang dengan sifat self-centered sering menginginkan segala sesuatu dilakukan dengan caranya sendiri. Mereka mungkin mengalami kesulitan untuk berkompromi dan melakukan sesuatu dengan cara orang lain.

Misalnya, mereka biasanya tidak membiarkan orang lain memilih film atau restoran, kata Dr. Daramus. Mereka cepat menyalahkan orang lain dan menghindari tanggung jawab.

Orang yang egois mungkin tidak dapat menyadari bahwa mereka telah melakukan kesalahan dan mungkin menyalahkan orang lain atas kesalahan apa pun.

Mereka Selalu Ingin Menjadi Pusat Perhatian

Baca Juga:5 Hal untuk Dilakukan Ketika Kamu Kehilangan Minat Terhadap Semua Hal6 Hal untuk Menenangkan Pikiran dari Perasaan Cemas

Orang dengan self-centered cenderung ingin menjadi pusat perhatian. Jika fokus mereka kebetulan beralih ke sesuatu atau orang lain, mereka mungkin mencoba mencari cara untuk mengembalikannya ke diri mereka sendiri.

0 Komentar