RADARPEKALONGAN.ID – Inilah perbedaan knalpot racing dan standar yang wajib kalian tahu, apalagi bagi kalian yang doyan sama modif motor.
Tak jarang bagi pengendara motor untuk memodifikasi kendaraan mereka, terlebih pada bagian knalpotnya.
Sebagian memilih untuk mengganti knalpot motornya menjadi knalpot racing, yang mana terkenal dengan suaranya yang bising dan sering mengganggu orang lain di sekitar.
Baca Juga:Awas! Jangan Asal Ngikut Trend Aja, Berikut 6 Tips Dasar Naik Gunung untuk Pemula yang Harus Benar-Benar DiperhatikanHarap Hati-Hati dan Perlu Diwaspadai! Inilah 8 Kesalahan Pengendara Motor yang Sering Disepelekan
Selain suara, perbedaan knalpot racing dan standar juga bisa dilihat dari beberapa hal lain, lho. Yuk, simak sampai habis jika kalian penasaran.
Perbedaan Knalpot Racing dan Standar
Perbedaan knalpot racing dan standar. (youtube/FtShare)
Berikut ini adalah perbedaan knalpot racing dan standar sebagai referensi jika kalian ingin memodif komponen yang satu ini.
1. Struktur Knalpot
Perbedaan knalpot racing dan standar yang pertama dan mendasar yakni terletak pada struktur dasar knalpotnya.
Knalpot standar menggunakan tabung sebagai jalur untuk mengalirkan gas sisa pembakaran pada mesin atau disebut dengan partition.
Komponen ini berfungsi untuk memecah suara agar tidak bising. Jumlah partition yang digunakan pada setiap knalpot kendaraan bergantung pada mesin.
Sedangkan knalpot racing tidak menggunakan tabung atau partisi seperti halnya versi knalpot standar.
Baca Juga:Siapa Nih yang Hobi Muncak? Berikut 10 Tips Mengambil Foto di Gunung Biar Makin Estetik dan InstagrammableWaspada Bro! Ini 5 Penyebab Mesin Motor Gampang Panas, Segera Periksa jika Tercium Bau Sangit
Desain knalpot ini menggunakan header berbahan galvanis atau pipa biasa langsung hingga ke belakang tanpa tabung. Hal ini membuat suara knalpot terdengar lebih nyaring.
Selain itu, pada knalpot standar terdapat glasswool agar suara lebih halus. Sedangkan pada kanlpot racing komponen tersebut dihilangkan.
2. Ukuran Knalpot
Perbedaan knalpot racing dan standar yang sekanjutnya terletak pada ukuran knalpot yang jelas sangat berbeda.
Knalpot standar dirancang dan dibuat dengan ukuran standar sesuai kebutuhan motor sehingga dapat berfungsi dengan baik dan nyaman.
Ukuran ini dibuat dengan mempertimbangkan kenyamanan dan performa, termasuk meminimalisir gas sisa pembakaran dan suara yang dihasilkan.
Berbeda pada knalpot racin, ukuran knalpot ini justru akan berpengaruh pada suara dan performanya.