7 Cara Berhenti Ragu dalam Mengambil Keputusan, Kamu Perlu Baca Ini!

Ragu dalam mengambil keputusan
Ragu dalam mengambil keputusan. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Apakah kamu sering ragu dalam mengambil keputusan? Apakah kamu terlalu menganalisis pilihanmu selama berjam-jam? Apakah kamu cenderung menebak-nebak keputusan yang telah kamu buat? Ini adalah beberapa karakteristik situasi ragu dalam mengambil keputusan.

Menjadi ragu dalam mengambil keputusan berarti kamu kesulitan membuat keputusan dan biasanya tidak terlalu percaya diri dengan keputusan yang kamu buat, kata Angeleena Francis, LMHC, direktur eksekutif AMFM Healthcare.

Namun, penting untuk diingat bahwa bersikap bimbang tidak harus mendefinisikan dirimu sebagai pribadi. Keraguan cukup umum dan ada beberapa langkah yang dapat kamu ambil untuk mengatasinya.

Baca Juga:5 Cara Berhenti dari Ruminasi, Ketika Kamu Memiliki Obsesi terhadap Suatu HalRuminasi: Mengapa Orang Terobsesi pada Hal Tertentu?

Dalam artikel ini, kami mengeksplorasi karakteristik situasi ragu dalam mengambil keputusan serta potensi penyebab dan kelemahannya. Kami juga membagikan beberapa strategi yang dapat membantumu menjadi lebih asertif dan tidak lagi ragu dalam mengambil keputusan.

Penyebab Potensial Menjadi Ragu dalam Mengambil Keputusan

Ini adalah beberapa penyebab potensial dari situasi ragu dalam mengambil keputusan, menurut Francis:

Situasi ragu dalam mengambil keputusan merupakan hal yang dipelajari: Keragu-raguan bukanlah genetik, tetapi dapat dipelajari dari orang tua, pengasuh, atau tokoh berpengaruh lainnya dalam kehidupan seorang anak.

Pengalaman buruk: Merasa diberdayakan untuk membuat keputusan yang dicapai melalui tonggak perkembangan utama. Pengalaman masa kanak-kanak yang merugikan yang berdampak pada proses perkembangan anak dapat berkontribusi pada perasaan ragu dalam mengambil keputusan di kemudian hari.

Takut membuat kesalahan: Takut membuat keputusan yang salah atau konsekuensi membuat keputusan dengan hasil yang buruk dapat menghambat kemampuan seseorang untuk berkomitmen.

Kondisi kesehatan mental: Keragu-raguan dapat menjadi gejala kondisi kesehatan mental seperti kecemasan, depresi, trauma yang belum terselesaikan, atau gangguan attention deficit hyperactivity (ADHD).

7 Cara Menjadi Tidak Ragu dalam Mengambil Keputusan

Berikut adalah beberapa strategi yang dapat membantumu menjadi kurang ragu-ragu dalam mengambil keputusan.

Pahami Tujuan dan Nilaimu

Baca Juga:Tips Memperkuat Persahabatan, Gunakan Skill Mendengarkan yang Kamu Punya!Menghadapi Orang yang Self-Centered, Ini 5 Hal yang Harus Kamu Lakukan

Memiliki gagasan yang jelas tentang apa yang penting bagimu dan apa yang ingin kamu capai dapat membantumu membuat keputusan yang tepat. Pengambilan keputusan lebih mudah ketika kamu memiliki visi yang jelas tentang tujuanmu.

0 Komentar