Ketenangan dalam Pikiran: Cara Menemukan dan Menjaganya

Ketenangan dalam pikiran
Ketenangan dalam pikiran. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Konflik: Kamu mungkin mengalami ketegangan dan konflik dalam hubunganmu di rumah, kantor, sekolah, atau di lingkungan sosialmu.

Mengapa Kamu Tidak Dapat Menemukan Ketenangan dalam Pikiran?

Ini adalah beberapa alasan mengapa sulit untuk menemukan kedamaian batin dan ketenangan dalam pikiran:

Kondisi kesehatan mental: Kamu mungkin merasa lebih sulit untuk tenang jika memiliki kondisi kesehatan mental seperti depresi atau kecemasan.

Baca Juga:5 Cara Merilekskan Pikiran Secara Instan, Coba Ini!4 Jenis Social Support yang Berbeda, Mana yang Paling Kamu Butuhkan?

Keadaan sulit: Sulit untuk merasa damai saat kamu mengalami keadaan sulit, seperti kehilangan pekerjaan atau kehilangan rumah setelah bencana alam.

Stres atau kecemasan: Kamu mungkin juga kesulitan menemukan kedamaian batin jika ada sesuatu yang membuat dirimu stres atau kesal. Akan sangat membantu untuk mengidentifikasi mereka, mengambil langkah-langkah untuk mengatasinya, atau menerima bahwa kamu tidak dapat mengubahnya. Memproses emosimu tentang hal itu akan membantumu merasa lebih damai.

Jika kamu merasa tidak dapat mengatasinya sendiri, menemui penyedia kesehatan mental untuk mendapatkan dukungan dapat membantu.

Cara Mendapatkan Ketenangan dalam Pikiran

Ini adalah beberapa langkah yang dapat membantumu menemukan ketenangan dalam pikiran.

Membingkai Ulang Pikiran Negatifmu

Seringkali, kritik terbesar kita adalah suara yang mengomel di kepala kita yang mengatakan hal-hal negatif kepada kita. Pikiran negatif dapat mencuri ketenangan dalam pikiran dan menyulitkan untuk merasa rileks dan puas.

Bagaimana Membingkai Ulang Pikiran Negatif

Akan sangat membantu untuk menantang pikiran negatif dan berlatih membingkai ulangnya. Misalnya, kamu dapat mengatakan kepada diri sendiri:

  • “Ini adalah situasi yang sulit, tetapi hal-hal tidak akan selalu seperti ini. Aku bisa melewati ini.”
  • “Ini tugas yang menantang, tapi aku tahu aku bisa melakukannya jika aku bekerja keras.”
  • “Aku tidak sempurna, tapi aku bangga dengan kemajuan yang telah aku buat.”
  • “Kesalahan terjadi, dan aku belajar darinya untuk menjadi lebih baik di masa depan.”

Terimalah Hal-hal yang Tidak Dapat Kamu Ubah

Baca Juga:5 Cara Membuat Pekerjaan Lebih Mudah untuk Diselesaikan, Simak Tipsnya!Lelah Bekerja? Ini 4 Cara Membuat Pekerjaan yang Lebih Menyenangkan

Hidup tidak dapat diprediksi, dan terkadang kita dihadapkan pada situasi sulit yang tidak dapat kita ubah, tidak peduli seberapa besar keinginan kita. Misalnya, orang yang dicintai mungkin didiagnosis dengan kondisi kesehatan yang serius, teman dekat mungkin pindah, hubungan mungkin tidak berhasil, atau hewan keakungan meninggal dunia.

0 Komentar