Ketenangan dalam Pikiran: Cara Menemukan dan Menjaganya

Ketenangan dalam pikiran
Ketenangan dalam pikiran. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Mungkin sulit untuk menghadapi hal-hal yang membuat kita kesal, stres, atau tidak nyaman, tetapi penting untuk melakukannya untuk mendapatkan ketenangan pikiran. Menghadapi mereka secara langsung dapat membantumu berduka atas kehilanganmu dan pada akhirnya belajar menerima apa adanya.

Menghindari situasi, berpura-pura hal-hal yang berbeda, atau memendam kemarahan dan kepahitan tidak akan membantumu mendapatkan ketenangan dalam pikiran.

Jangan Hubungkan Kebahagiaan mu dengan Keadaan Eksternal

Kita terkadang mencari kedamaian batin dari sumber eksternal. Misalnya, kamu mungkin berpikir: “Aku akan senang saat mendapat promosi”, atau “Aku akan bisa santai setelah musim pajak selesai”.

Baca Juga:5 Cara Merilekskan Pikiran Secara Instan, Coba Ini!4 Jenis Social Support yang Berbeda, Mana yang Paling Kamu Butuhkan?

Namun, penting untuk dipahami bahwa kamu tidak dapat mengaitkan kebahagiaanmu dengan faktor eksternal di luar kendalimu. Kamu harus menemukannya di dalam dirimu sendiri dan menerapkan sikap bahagia, santai, dan positif terhadap semua yang kamu lakukan.

Alih-alih menunggu hal-hal berubah untuk meningkatkan pola pikirmu, mengubah pola pikirmu dapat membantu meningkatkan hal-hal untukmu.

Praktek Perawatan Diri

Perawatan diri dapat mengambil banyak bentuk, tergantung pada kebutuhanmu:

Fisik: Perawatan diri secara fisik melibatkan merawat tubuhmu dengan memastikan istirahat, nutrisi, dan olahraga yang cukup.

Emosional: Secara emosional, perawatan diri dapat terlihat seperti menetapkan batasan dengan orang-orang dalam hidupmu untuk melindungi diri sendiri. Itu juga bisa berarti mematikan self-talk negatif.

Sosial: Menghabiskan waktu bersama orang terakung adalah bagian penting dari perawatan diri. Perawatan diri sosial juga dapat melibatkan pengucilan orang atau aktivitas sosial yang tidak memuaskanmu.

Intelektual: Perawatan diri intelektual dapat mencakup membaca lebih banyak buku yang kamu sukai, mengerjakan teka-teki silang setiap hari, atau meluangkan waktu untuk hobi baru.

Spiritual: Perawatan diri spiritual dapat melibatkan meditasi, memperhatikan saat ini, mendengarkan musik, atau mempraktikkan agama yang kamu yakini.

Baca Juga:5 Cara Membuat Pekerjaan Lebih Mudah untuk Diselesaikan, Simak Tipsnya!Lelah Bekerja? Ini 4 Cara Membuat Pekerjaan yang Lebih Menyenangkan

Pribadi: Bentuk perawatan diri ini melibatkan melakukan hal-hal yang kamu sukai, seperti berjalan-jalan di alam, mandi santai, atau memasak makanan yang kamu sukai.

Jika ketenangan dalam pikiran terus-menerus menghindarimu dan kamu sering merasa stres, cemas, atau khawatir, sebaiknya temui penyedia kesehatan mental untuk mendapatkan dukungan.

0 Komentar