2 Tipe Stres dan Masing-Masing Cara Mengatasinya

Tipe stres
Tipe stres. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Jika kamu seperti banyak orang, kamu mungkin merasa bahwa teknik penghilang stres tertentu tidak berhasil untuk tipe stres yang kamu hadapi, sementara manajemen stres yang lain bekerja dengan baik. Ketika suatu teknik tidak efektif, biasanya karena salah satu dari dua alasan: entah itu tidak sesuai dengan kepribadian, atau tidak sesuai dengan situasi atau tipe stres yang kamu alami.

Misalnya, latihan pernapasan dapat menghilangkan stres secara efektif. Tetapi mereka mungkin tidak cukup kuat untuk menjadi satu-satunya strategi penanggulangan bagi seseorang yang mengalami tipe stres pengasuh, stres kerja kronis, atau jenis stres kronis lainnya.

Ada begitu banyak cara berbeda untuk menghilangkan tipe stres yang berbeda pula sehingga terkadang menemukan teknik yang tepat untuk kepribadian dan situasi atau tipe stresmu bisa membuatmu kewalahan, atau setidaknya lebih banyak pekerjaan daripada yang ingin kamu tangani ketika kamu sudah merasa stres. Menemukan pereda stres yang cocok untukmu, bagaimanapun, bisa sepadan dengan usaha.

Tipe Stres dan Strategi Penanganannya

Stres Akut

Baca Juga:Banyak Tekanan, Ini 6 Cara Mengelola Stres untuk Siswa4 Tips Manajemen Stres untuk Siswa

Stres akut adalah tipe stres yang membuat dirimu kehilangan keseimbangan untuk sementara waktu. Ini adalah jenis stres yang datang dengan cepat dan seringkali tidak terduga dan tidak berlangsung terlalu lama, tetapi sedikit mengguncangmu dan membutuhkan respons, seperti pertengkaran dengan seseorang dalam hidupmu, atau ujian di mana kamu tidak merasa cukup siap untuk itu.

Respons stres tubuhmu dipicu oleh tipe stres akut, tetapi kamu dapat membalikkannya dengan teknik relaksasi cepat, dan kemudian kembali ke hari kamu dengan perasaan stres yang berkurang. Penghilang stres ini dapat membantumu rileks dan pulih lebih cepat dari stres akut:

  • Latihan pernapasan: Latihan pernapasan sangat bagus untuk stres akut karena bekerja dengan cepat.
  • Pembingkaian ulang kognitif: Pembingkaian ulang kognitif membantumu belajar mengubah caramu memandang suatu situasi untuk mengelola tingkat stresmu.
  • Meditasi mini: Sesi meditasi cepat selama lima menit dapat membantu dirimu menenangkan diri saat ini.
  • Relaksasi otot progresif (PMR): Seperti latihan pernapasan, PMR akan memberimu waktu untuk berkumpul kembali dan rileks.
0 Komentar