2 Tipe Stres dan Masing-Masing Cara Mengatasinya

Tipe stres
Tipe stres. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Stres Kronis

Stres kronis adalah jenis stres yang cenderung terjadi secara teratur. Stres ini mungkin berasal dari kesepian, pekerjaan yang sulit, atau trauma masa lalu. Tipe stres ini dapat membuatmu merasa terkuras, dan dapat menyebabkan kelelahan jika tidak dikelola secara efektif.

Ketika respons stres dipicu secara kronis dan tubuh tidak dibawa kembali ke keadaan rileks sebelum gelombang stres berikutnya melanda, tubuh dapat tetap terpicu tanpa batas.

Stres kronis dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan, termasuk penyakit kardiovaskular, masalah pencernaan, kecemasan, depresi, dan banyak kondisi lainnya. Inilah mengapa penting untuk mengelola stres kronis secara efektif.

Baca Juga:Banyak Tekanan, Ini 6 Cara Mengelola Stres untuk Siswa4 Tips Manajemen Stres untuk Siswa

Mengelola tipe stres ini seringkali memerlukan pendekatan gabungan, dengan beberapa pereda stres jangka pendek (seperti untuk stres akut) dan beberapa kebiasaan pereda stres jangka panjang yang menghilangkan stres sama sekali. Teknik yang berfokus pada emosi dan teknik koping yang berfokus pada solusi juga penting untuk stres kronis.

Kebiasaan jangka panjang berikut dapat membantumu mengelola stres umum yang mungkin kamu rasakan dari penyebab stres kronis dalam hidupmu dengan lebih baik:

  • Menumbuhkan hubungan yang mendukung: Memiliki sistem pendukung yang solid adalah mekanisme koping yang penting. Kelompok pendukung online juga bisa menjadi cara yang bagus untuk terhubung dengan orang-orang yang menghadapi tantangan yang sama.
  • Berolahraga secara teratur: Penelitian telah menemukan bahwa olahraga dapat mengurangi stres dan emosi negatif. Namun, orang cenderung kurang berolahraga saat menghadapi stres. Terlibat dalam aktivitas fisik yang lebih teratur dapat meningkatkan koping dan kesejahteraan secara keseluruhan.
  • Mendengarkan musik: Musik dapat bertindak sebagai latar belakang pengurang stres untuk tugas sehari-hari. Satu studi menemukan bahwa mendengarkan musik efektif untuk mengurangi tingkat stres subjektif
  • Mempertahankan pola makan yang sehat: Mengisi tubuhmu dengan benar dapat membantu mengelola tingkat stres secara keseluruhan karena seluruh sistemmu akan berfungsi lebih baik.
  • Bermeditasi secara teratur: Meskipun meditasi cepat sangat bagus untuk mengatasi stres akut, latihan meditasi teratur akan membantu membangun ketahananmu secara keseluruhan terhadap stres.
  • Terapi online: Terapi berbasis internet dapat menjadi cara yang mudah diakses dan nyaman untuk menghilangkan stres. Terapismu juga dapat membantumu mengerjakan keterampilan koping lainnya yang membantumu mengelola perasaan stres kronis.
0 Komentar