People Pleaser: Mengapa Kamu Selalu Ingin Menyenangkan Semua Orang?

Ingin menyenangkan semua orang
Ingin menyenangkan semua orang. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Sementara orang mungkin menggambarkan orang yang selalu ingin menyenangkan semua orang sebagai pemberi atau orang yang murah hati, ketika kamu terus-terusan ingin menyenangkan semua orang, semua pekerjaan membuat orang lain bahagia ini mungkin membuat Kamu merasa lelah dan stres.

Penyebab Kamu Selalu Ingin Menyenangkan Semua Orang

Untuk berhenti menyenangkan orang lain, penting untuk memahami beberapa alasan mengapa Kamu terlibat dalam perilaku semacam ini. Jadi apa akar penyebab menyenangkan orang? Ada beberapa faktor yang mungkin berperan, antara lain:

Harga diri yang buruk: Kadang-kadang orang terlibat dalam perilaku ingin menyenangkan semua orang adalah  karena mereka tidak menghormati keinginan dan kebutuhan mereka sendiri. Karena kurang percaya diri, orang yang disukai membutuhkan validasi eksternal, dan mereka mungkin merasa bahwa melakukan sesuatu untuk orang lain akan mendatangkan persetujuan dan penerimaan. Itulah akibatnya seseorang ingin diterima di lingkungan dan divalidasi dirinya dengan cara menebarkan kebaikan yang bahkan membuat dia mengesampingkan diri sendiri.

Baca Juga:Berhenti Menjadi People Pleaser, Ini 7 CaranyaMerasa Tidak Pandai dalam Segala Hal, 5 Cara Agar Kamu Bisa Menepisnya

Ketidakamanan: Dalam kasus lain, orang mungkin mencoba untuk menyenangkan orang lain karena mereka khawatir orang lain tidak akan menyukai mereka jika mereka tidak melakukan yang terbaik untuk membuat mereka bahagia.

Perfeksionisme: Terkadang orang ingin semuanya “begitu saja”, termasuk bagaimana orang lain berpikir dan merasakan.

Pengalaman masa lalu: Pengalaman yang menyakitkan, sulit, atau traumatis juga dapat berperan. Seseorang yang pernah mengalami kekerasan, misalnya, mungkin berusaha menyenangkan orang lain dan tetap setenang mungkin agar tidak memicu perilaku kasar orang lain.

Motivasi untuk membantu orang lain terkadang bisa menjadi bentuk altruisme. Seseorang mungkin benar-benar ingin memastikan bahwa orang lain mendapatkan bantuan yang mereka butuhkan. Dalam kasus lain, perilaku ingin menyenangkan semua orang bisa menjadi cara untuk merasa diakui atau disukai. Dengan memastikan bahwa orang bahagia, mereka merasa berguna dan dihargai.

**AN

Referensi Verywellmind

0 Komentar