Inilah 7 Manfaat Mengerti Pentingnya Kesehatan Mental di Kalangan Gen Z

kesehatan mental di kalangan gen z
ilustrasi mengupayakan kesehatan mental (Freepik.com)
0 Komentar

1. Menerima Diri sendiri

Untuk menjaga kesehatan mental di kalangan gen z yaitu, penerimaan diri adalah proses yang tidak mudah, namun hal ini perlu dilakukan agar kita dapat menerima setiap kelebihan dan kekurangan kita, tanpa menyalahkan diri sendiri, orang lain maupun keadaan.

Menerima baik dan buruknya tanpa membandingkan dengan orang lain. Ini bisa dimulai dengan bersyukur kepada Tuhan, memahami bahwa yang terjadi adalah yang terbaik.

2. Validasi Setiap Perasaan Kita

Sedih, senang, kecewa, marah, takut adalah bentuk dari perasaan kita. Perasaan-perasaan tersebut hendaknya perlu kita validasi dan jangan ditahan atau bahkan diabaikan.

Baca Juga:KEJUTAN ! Pertamina Grand Prix of Indonesia 2023 Ajak Warga Rasakan Pengalaman Jadi Pembalap MotoGP2024, Angka Prevalensi Stunting Kendal Ditarget Harus Lebih Rendah dari Nasional

Setelah itu jangan berlarut-larut, kita bisa mencari tau terlebih dahulu penyebab dari timbulnya perasaan-perasaan tersebut, sehingga ini bisa kita jadikan pelajaran kedepannya.

3. Menetapkan Tujuan Hidup

Tujuan hidup membantu kita dalam menjalankan kehidupan kita, dengan tujuan hidup kita tau apa yang kita inginkan dan bagaimana cara menempuhnya.

Ketika kita fokus pada apa yang menjadi tujuan dengan menerapkan beberapa prinsip hidup, selama prinsip kita benar dan tidak merugikan yang lain, ini akan membuat kita tidak membuang-buang waktu untuk hal-hal yang tidak berada dalam tujuan kita.

Ini juga berpengaruh untuk kesehatan mental di kalangan gen z.

4. Mengelola Hubungan Baik Dengan Orang Sekitar

Meluangkan waktu untuk berbincang dengan orang-orang di sekitar kita ini juga bermanfaat, selain menambah keeratan pada hubungan baik pertemanan, rekan kerja, pasangan maupun keluarga, ketika kita berbincang kita akan mendapatkan rasa saling memahami serta menghargai satu sama lain.

Ketika kita mampu menjalin hubungan baik maka kita juga akan merasa damai dan tenang, hal ini lagi-lagi menghindari dari drama yang bisa membuat kita tidak nyaman.

5. Membuat Batasan Pada Hal Yang Berdampak Buruk

Banyak dari kita mungkin menemukan beberapa distraksi dalam hidup kita, selain dalam kehidupan nyata dimana mungkin kita bermasalah dengan orang lain, dunia media sosial juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan mental di kalangan gen z.

6. Melakukan Hobi Dan Berolahraga

Lakukan hal yang kamu senangi atau berolahraga, hal ini untuk menghindari atau mengurangi stres, apalagi setelah kita merasa penat dengan kegiatan kita.

0 Komentar