4 Tahapan Perkembangan Kognitif pada Anak, Orang Tua Wajib Tahu

Ilustrasi tahapan perkembangan kognitif pada anak. (Freepik)
Ilustrasi tahapan perkembangan kognitif pada anak. (Freepik)
0 Komentar

Anak pada tahap usia pra oprasional berada pada masa keemasannya untuk mulai mempelajari sesuatu. Pembelajaran bahasa yang terjadi pada tahap ini sangatlah krusial. Bahasa merupakan alat untuk berpikir, mengekspresikan diri, dan berkomunikasi. Ketrampilan bahasa juga penting untuk mendukung proses kognitif anak dalam pembentukan konsep, informasi, dan pemecahan masalah.

3. Tahap Operasional Konkrit

Dimulai dari usia 7 – 12 tahun anak sudah cukup matang dalam menggunakan logikanya, tapi hanya untuk objek-objek yang bersifat fisik. Karena anak dalam usia ini, masih kesulitan jika harus berpikir hanya menggunakan angan-angan.

Terjadi perkembangan kognitif yang cukup pesat pada anak di tahap operasional konkrit. Di antara perkembangan tersebut adalah: anak mulai belajar membentuk sebuah konsep, melihat adanya sebuah hubungan antar objek, memecahkan masalah yang terjadi pada objek konkret atau situasi yang tidak asing lagi bagi dirinya. Pemikirannya juga sudah mulai objektif, sudah mampu memahami adanya sebab dan akibat.

Baca Juga:Terapkan 3 Magic Word ini! Simak Pentingnya Bertutur Kata Baik dan Anjurannya dalam IslamEfektif! 5 Cara Meningkatkan Profesionalitas sebagai Customer Service

4. Tahap Operasional Formal

Tahap operasional formal biasanya terjadi di usia 12-15 tahun. Anak sudah bisa belajar tentang kemandirian.

Kemajuan lain pada tahap ini adalah anak mampu menggunakan operasi-operasi konkritnya untuk membentuk operasi yang lebih kompleks. Karena logika anak terhadap hal yang abstrak sudah bisa beroperasi dengan baik. Ciri dalam tahap ini adalah: adanya hipotesis, abstrak, deduktif dan induktif, serta logika dan probabilitas.

Menurut Piaget, setiap individu pasti akan melewati 4 tahap di atas, meski di usia yang berbeda-beda. Begitu pula dengan lama waktu yang diperlukan, setiap individu punya masanya sendiri tidak bisa disama ratakan.

Tidak perlu ada yang dipaksakan dalam tiap tahapan perkembangan kognitif pada anak. Sebagai orang tua, cukup beri yang terbaik dalam mengusahakan tumbuh kembang anak dan nikmati tiap prosesnya. Semoga Bermanfaat!(*)

Sumber gambar: Image by Freepik

0 Komentar