Warga RT 04 Kauman Inisiasi Upacara Bendera Peringati Kemerdekaan RI

Upacara bendera
Prosesi upacara bendera warga RT 04 dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan ke-78 RI.
0 Komentar

BATANG, RADARPEKALONGAN.ID – Perayaan HUT Kemerdekaan ke-78 RI tidak hanya menjadi milik kalangan elit dan pejabat di negara ini saja.

Masyarakat di tingkat lingkungan RT/RW pun tak mau kalah heroik memperingatinya dengan melakukan upacara bendera.

Seperti yang dilakukan warga di lingkungan RT 04 RW 08 Kelurahan Kauman, Kecamatan Batang. Mereka pun ikut memperingati Kemerdekaan ke 78 RI dengan melakukan upacara bendera.

Baca Juga:Parah! 17 Siswa di Batang Nekat Bolos Sekolah Demi Main RemiHati Hati! Sebaran ISPA di Batang Capai 15.586 Kasus

Upacara bendera, yang dipimpin langsung Ketua RT 04 Zanwar Irkham ini diikuti oleh seluruh warga di lingkungan RT 04, baik orang tua maupun anak-anak ikut serta dalam kegiatan ini.

“Kegiatan upacara bendera ini baru pertama kali kami gelar. Di mana kegiatan ini ditujukan untuk membangun kebersamaan warga. Termasuk menumbuhkan semangat kebangsaan pada diri warga RT 04,” ungkap Zanwar Irkham, Kamis (17/8/2023).

Petugas upacara warga RT 04 Kauman, Batang saat sesi foto bersama.

Diungkapkan Zanwar, meski persiapan kegiatan itu hanya memakan waktu satu minggu saja, namun kegiatan upacara bendera berlangsung lancar dan khidmat.

“Ya, persiapannya hanya satu minggu saja, jadi kita benar benar mendadak. Namun kebetulan di tempat kami ada dua tokoh masyarakat dari mantan Kapolsek Batang Kota, dan mantan Kapolsek Wonotunggal, yang bersimpati dan berdedikasi untuk melatih petugas upacara di tempat kami,” ujarnya.

Zanwar Irkham berharap kegiatan ini akan terus bisa berlanjut di tahun-tahun mendatang.

“Mudah mudahan untuk tahun tahun selanjutnya kegiatan ini masih bisa dilaksanakan kembali. Sehingga dapat tercipta rasa persatuan dan kesatuan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan rasa nasionalisme dapat terus diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari,” katanya.

Tokoh Masyarakat setempat, Akhmad Almunasifi mengapresiasi gelaran upacara bendera yang diinisiasi oleh warga RT 04 Kelurahan Kauman itu.

Baca Juga:Banyak Sekolah Kekurangan Siswa, Peran Tokoh Masyarakat Ini Perlu Dicontoh7 Macam Kue Tradisional Indonesia, Wajib Coba!

Menurutnya, kegiatan yang baru pertama kali digelar tahun 2023 ini dapat memotivasi warga, khususnya kaum remaja di RT 04 untuk memupuk rasa nasionalisme.

“Semoga di tahun tahun yang akan datang kegiatan ini bisa lebih baik dan bagus. Serta para tamu undangan juga dapat meningkat ke unsur Muspika. Dan kedepan semua RT/RW se Kelurahan Kauman akan kami undang,” tandas Almunasifi.

0 Komentar