RADARPEKALONGAN.ID – Sepertinya pengembangan Vespa Jadul 1960-an kini sedang digaspol habis-habisan. Terbukti matic sporty Vespa Sprint S 150 tampil modern dengan Rem ABS System.
Rem Anti-lock Brake System menjadikan perputaran roda yang tadinya berhenti secara mendadak, biasanya beresiko berbahaya bagi pengendara. Karena rawan terjadi kecelakaan yang disebabkan ban terselip.
Ban yang tidak bergerak sama sekali akan membuat roda rawan tergelincir ketika melewati tempat licin. Sangat membahayakan jika sampai terjadi pada kamu sekalian.
Baca Juga:Beginilah Tampilan Motor Vespa Matic Sprint S 150 Makin Elegan, Tetap Cocok Buat Petualang!Vespa S I-Get Matic Terbaru Harga 45 Jutaan, Ini Spesifikasi Lengkapnya
Maka dengan inovasi terbaru saat ini pabrikan asal Italia dengan produk Vespanya ini mengembangkan sistem Rem ABS.
Mengenal Model Rem ABS pada Matic Sporty Vespa Sprint S 150
Motor Vespa Matic Sprint S 150 (vespa.co.id)
1. Penambahan Master Silinder
Tampilan modern akan langsung terasa ketika kamu melihat secara langsung pada model sistem Rem ABS. Dimana ada penambahan master silinder di bagian roda depn dan belakang.
Master silinder ini akan bekerja dengan otomatis mengalurkan minyak ke dalam tempat yang disebut dengan pompa ABS. Fungsinya agar bisa mendorong minyak ke dalam pompa ABS agar tidak terjadi pemberhentian sempurna pada ban.
Ketika pengendara melakukan pengereman di tempat yang licin dan secara mendadak, akan mengurangi ban yang selip. Bahasa lebih sederhananya adalah terjadi suatu hal yang menbuatnya tergelincir.
2. Katup Hidrolik yang Mengontrol Pengereman
Spesifikasi Vespa matic Sprint S 150 dengan ABS System (vespa.co.id)
Matic Sporty Vespa Sprint S 150 dilengkapi lagi dengan katup hidrolik control valve. Terdapat tiga katup yang ada di sitem oengereman ABS.
Baca Juga:Spesifikasi New Vespa I-Get Matic S 125 Fitur Memikat dan MengesankanWalau Imut dan Lucu, Yamaha Matic Fazzio Terbaru Bisa Diajak Ngebut 70 Km/Jam
Katup pertamna berfungsi untuk memaksimalkan tekanan minyak yang ada pada rem. Katup ini akan bekera secara otomatis ketika melakukan pengereman mendadak saat kali pertama.
Kemudian katup kedua berfungsi sebaliknya yaitu menghalangi minyak pada rem. Fungsinya agar tidak terjadi over minyak pada rem.
Lalu katup yang ketuga berfungsi ganda. Dimana bisa berfungsi menghalangi dan mengembalikan tekanan yang ada pada pompa rem biar bekerja dengan baik lagi.