Jangan Sepelekan! Ini 5 Manfaat Dukungan Sosial untuk Kesehatan Mental

Manfaat dukungan sosial
Manfaat dukungan sosial. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Integrasi sosial

Integrasi sosial adalah partisipasi aktual dalam berbagai hubungan sosial, mulai dari kemitraan romantis hingga persahabatan.4 Integrasi ini melibatkan emosi, keintiman, dan rasa memiliki terhadap kelompok sosial yang berbeda, termasuk menjadi bagian dari:

  • Keluarga
  • Kemitraan
  • Komunitas keagamaan
  • Aktivitas sosial

Para ahli menyarankan bahwa diintegrasikan ke dalam hubungan sosial semacam itu memberikan manfaat perlindungan terhadap perilaku maladaptif dan konsekuensi kesehatan yang merusak.

Jenis Dukungan Sosial

Jejaring sosial yang mendukung dapat datang dalam berbagai bentuk dan memainkan peran berbeda dalam hidupmu dan memberikan manfaat dukungan sosial yang bisa berbeda pula. Tiga dari jenis utama dukungan sosial adalah dukungan emosional, dukungan instrumental, dan dukungan informasional.

Baca Juga:Mengenal Istilah Thinspo, Promosi Kelangsingan yang Bisa Menyebabkan Gangguan MakanTidak Mudah! Ini 5 Langkah Agar Kamu Siap Menjadi Ayah

Bantuan emosional: Terkadang orang-orang dalam hidupmu memberikan dukungan emosional. Mereka mendukungmu ketika kamu membutuhkannya dan ada di sana dengan bahu untuk menangis ketika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai keinginanmu. Jenis dukungan ini bisa sangat penting selama masa stres atau saat orang merasa kesepian

Dukungan instrumen: Dalam kasus lain, orang-orang di jejaring sosialmu mungkin memberikan dukungan instrumental. Mereka mengurus kebutuhan fisikmu dan menawarkan bantuan saat kamu membutuhkannya. Manfaat dukungan jenis ini mungkin melibatkan membawakanmu makanan panas saat kamu sakit atau memberimu tumpangan saat mobilmu ada di toko. Dukungan tersebut penting ketika orang memiliki kebutuhan mendesak yang harus ditangani.

Dukungan  informasi: Orang juga dapat memberikan apa yang dikenal sebagai dukungan informasi. Manfaat dukungan sosial jenis ini dapat melibatkan pemberian bimbingan, saran, informasi, dan pendampingan. Dukungan tersebut dapat menjadi penting ketika membuat keputusan atau perubahan besar dalam hidup seseorang.

Manfaat  Dukungan Sosial untuk Kesehatan Mental

Jadi sekarang kita memahami bahwa sistem dukungan sosial kita melibatkan jenis dukungan sosial yang berbeda serta integrasi ke dalam kelompok sosial yang berbeda, sekarang saatnya untuk melihat lebih dekat bagaimana hubungan sosial ini memengaruhi kesehatan fisik dan mental. Lebih tepatnya, bagaimana manfaat dukungan sosial bekerja.

Pilihan dan Perilaku Sehat

Partisipasi dalam kelompok sosial memiliki pengaruh normatif pada perilaku, sering mempengaruhi apakah orang makan makanan yang sehat, berolahraga, merokok, minum, atau menggunakan zat terlarang.

0 Komentar