Jangan Sepelekan! Ini 5 Manfaat Dukungan Sosial untuk Kesehatan Mental

Manfaat dukungan sosial
Manfaat dukungan sosial. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Jelas, kelompok sosial terkadang dapat memiliki pengaruh negatif dalam hal ini ketika tekanan dan pengaruh teman sebaya mengarah pada pilihan kesehatan yang buruk atau bahkan berbahaya. Namun, tekanan dan dukungan kelompok juga dapat membuat orang terlibat dalam perilaku sehat juga.

Jika kamu pernah mencoba menghentikan kebiasaan buruk, seperti merokok, kamu mungkin menyadari betapa pentingnya dukungan sosial. Jika koneksi sosialmu tidak mendukungmu, itu bisa membuat kesuksesan jauh lebih sulit. Jika teman dan keluargamu menawarkan dukungan dan dorongan, kamu mungkin menemukan pencapaian tujuanmu jauh lebih mungkin.

Mengatasi Stres

Manfaat dukungan sosial juga termasuk membantu orang untuk mengatasi stres. Stres telah terbukti memiliki konsekuensi kesehatan yang serius mulai dari penurunan kekebalan hingga peningkatan risiko penyakit jantung.

Baca Juga:Mengenal Istilah Thinspo, Promosi Kelangsingan yang Bisa Menyebabkan Gangguan MakanTidak Mudah! Ini 5 Langkah Agar Kamu Siap Menjadi Ayah

Dikelilingi oleh orang-orang yang peduli dan suportif membantu orang untuk melihat diri mereka lebih mampu menghadapi tekanan yang ditimbulkan oleh kehidupan.

Penelitian juga menunjukkan bahwa memiliki dukungan sosial yang kuat pada saat krisis dapat membantu mengurangi konsekuensi dari gangguan akibat trauma termasuk PTSD.

Meningkatkan Motivasi

Hubungan sosial juga dapat membantu orang untuk tetap termotivasi ketika berusaha mencapai tujuan mereka, inilah salah satu manfaat dukungan sosial. Orang yang mencoba menurunkan berat badan atau berhenti merokok, misalnya, sering merasa terbantu untuk berhubungan dengan orang yang secara aktif berusaha mencapai tujuan yang sama.

Berbicara dengan orang yang mengalami pengalaman yang sama seringkali dapat menjadi sumber dukungan, empati, dan motivasi.

**AN

Referensi Verywellmind.com

0 Komentar