Akibat Self-Hatred: 7 Dampak Buruk dari Membenci Diri Sendiri, Waspada!

Akibat self-hatred
Akibat self-hatred
0 Komentar

Hubungan Keluarga

Karena pengaruh yang signifikan terhadap akibat self-hatred berasal dari pengalaman sosial masa lalu seperti pelecehan dan trauma, dinamika keluarga dapat terasa sangat rumit bagi seseorang yang berjuang melawan kebencian terhadap diri sendiri. kamu mungkin berada dalam situasi yang mengharuskan dirimu untuk berhubungan dengan seseorang dari masa lalu kamu yang menyakitkan, menyebabkan kesusahan dan kecenderungan untuk menarik diri agar tidak mengalami ingatan dan emosi yang menyakitkan.

Bahkan jika kamu tidak berurusan dengan riwayat keluarga yang traumatis, pola pikir perfeksionis dan ekspektasi diri yang tidak realistis dapat menghalangi dirimu untuk menikmati interaksi keluarga.

Tekanan untuk “berkinerja sempurna” dalam situasi tersebut bisa menjadi terlalu berat dan menghalangi dirimu untuk membentuk dan menikmati hubungan dengan keluarga.

Hubungan Romantis

Baca Juga:Self-Loathing: Kritik Berlebihan Terhadap Diri Sendiri, Ini 5 Penyebabnya!Semua Orang Membencimu, Lakukan 2 Hal Ini Jika Kamu Berpikir Demikian!

Hubungan romantis bisa terasa rumit dan membingungkan bagi seseorang yang membenci diri sendiri. Kamu mungkin melawan gagasan tentang kedekatan dan keintiman sebagai akibat self-hatred.

Bahkan jika kamu ingin merasa dekat, rasa takut akan seseorang melihat ketidaksempurnaan, keterbatasan, atau kurangnya nilai yang kamu rasakan bisa membuat dirimu kewalahan dan menghalangi hubungan yang bermakna. Kritik batin memang cukup menyakitkan, tetapi memikirkan seseorang yang dekat bagi dirimu melihat atau memikirkan hal-hal itu tentangmu bisa terasa sangat menyedihkan.

Penetapan Tujuan

Kebencian diri memberi tahu kita bahwa kita tidak mampu dan kemungkinan besar akan gagal atau gagal—dan jenis pemikiran ini dapat membuat tujuan, keinginan, dan impian terasa jauh dan tidak mungkin. Kamu mungkin memandang orang lain dan berpikir mereka melakukan hal yang benar, sementara Kamu terus-menerus menderita karena pernyataan yang mengkritik diri sendiri. Hidup dengan cara ini melelahkan secara emosional dan dapat mengakibatkan kurangnya keinginan untuk menetapkan tujuan.

Pengambilan Keputusan

Pembicaraan negatif pada diri sendiri dan akibat self-hatred juga dapat membajak atau melumpuhkan kemampuan pengambilan keputusan. Ketika kamu melihat dirimu sendiri secara negatif, kamu mungkin merasa kurang bersedia mengambil risiko yang akan membantu dirimu berkembang. Kamu mungkin menarik diri dari peluang untuk berhubungan dengan orang lain dan terjebak dalam pola keraguan diri.

0 Komentar