PENTING ! 2 Hal Ini Perlu Difahami Pemilik Motor, Kenali Cara Kerja Oli Mesin

Kenali Cara Kerja Oli Mesin
Pemilik motor harus mengenali cara kerja oli mesin. (foto: honda jateng)
0 Komentar

SEMARANG, RADARPEKALONGAN.ID – Kenali cara kerja oli mesin karena oli berfungsi untuk melumasi seluruh bagian-bagian terkecil dari komponen yang ada di dalam mesin.

Hal itu terutama semua komponen yang bergerak bergesekan, agar tidak terjadi pengikisan akibat benda yang saling bergesekan, paling tidak koofisien geseknya bisa ditekan sekecil mungkin.

Peranan oli menjadi sangat penting, selain untuk meredam panas mesin, juga untuk meredam suara/noise, bayangkan jika oli mesinnya kurang, pastinya aneka suara dari mesin akan bermunculan.

Baca Juga:KEJUTAN yang Ditunggu! Honda Bikers Day 2023 Siap Rayakan Kebersamaan Ribuan Pecinta Motor HondaOrang tua Main Bersama Anak dalam Family Gathering ‘Ayah SIAP’ Yayasan Al Ummah Bersama 3 Unit Pendidikan Disambut Antusias

Kenal Cara Kerja Oli Mesin Karena Oli Ibarat Darah Dalam Tubuh

Oli ibarat darah dalam tubuh, jadi oli juga butuh pompa seperti tubuh butuh jantung untuk memompa darah mengalir keseluruh tubuh.

Peranan pompa oli di mesin juga sangat penting, apalah artinya oli yang bagus sekalipun jika ngga bisa dialirkan sampai ujung komponen mesin kita.

Setelah oli dipompa untuk mengalir ke seluruh komponen, sebelumnya dilewatkan dulu pada filter oli, komponen ini akan menjamin bahwa oli yang akan menjadi bantalan gesekan bersih dari gram-gram sisa gesekan mesin atau benda asing lainnya. Oleh karenanya perlu untuk kenali cara kerja oli mesin.

Lepas dari filter oli akan mengalir masuk ke saluran atau celah-celah komponen mesin dan sebelum kembali ke pompa oli ada beberapa type mesin yang memiliki pendingin oli (oil Cooler) di sini oli akan didinginkan terlebih dahulu.

Berikutnya sebelum mengalir kembali ke karter mesin lanjut masuk ke ruang pompa oli lalu dialirkan lagi ke dalam mesin. Perhatikan secara seksama dan kenali cara kerja oli mesin.

Ingat efisiensi mesin terbalik dengan suhu mesin (semakin rendah suhu mesin, semakin tinggi efisiensi mesin), memang semua mesin ngga ada yang memiliki efisiensi 100% karena mesin jika bekerja memiliki temperatur.

Nah oli juga dapat mengurangi panas mesin dengan cara didinginkan dahulu sebelum masuk karter mesin. Demikian memang harus kenali cara kerja oli mesin.

0 Komentar