RADARPEKALONGAN.ID – Sejarah Honda Supra 125 bermula dikenal sebagai rajanya motor bebek pada era tahun 2000an, kemudian di era sekarang sering mendapat gelar “motornya orang setia”.
Hal tersebut muncul dalam beberapa yang bertuliskan dalam bahasa Jawa “Ora Supra Ora Mesra” yang berarti “Nggak Supra Nggak Mesra”.
Semenjak mendapat gelar itulah Honda Supra menjadi motor legendaris di Indonesia.Motor bebek ini telah melegenda di Nusantara dikarenakan memiliki harga yang sangat ramah kantong, motor ini juga kuat di segala medan, serta awet yang luar biasa.
Baca Juga:Honda Vario Sudah Dirilis 7 Generasi, Inilah Perkembangan Honda Vario sejak Mengaspal Pertama di Tahun 2006Wisata Umbul Manten Klaten, Pemandian Alami dengan Kedalaman 1,5 Meter Ternyata Menyimpan Misteri Menyeramkan
Sejarah Honda Supra 125
Sejarah Honda Supra 125 mulanya pertama kali diproduksi di Indonesia pada tahun 2005 oleh PT. Astra Honda Motor (AHM) dengan menggantikan posisi Honda Kirana yang kala itu stop produksi karena kurang diminati masyarakat. Berikut sejarah Honda Supra 125 sebagai motor legendaris di Indonesia:
Supra X 125 Generasi Pertama (2005-2008)
Supra ini merupakan tonggak sejarah perubahan mesin Supra dari 100cc menjadi 125cc, yang mana mesin tersebut kala itu masih tergolong cukup besar untuk sekelas motor bebek. Motor ini memiliki desain yang lebih modern meskipun terdapat dominasi garis body yang membulat.
Posisi lampu sein depan menyatu dengan tebeng depan sebagai sayap 3 dimensi dengan undercowl dengan memiliki kisi-kisi udara yang ikonik pada bagian samping. Fitur yang ada pada motor ini yaitu penutup kunci kontak bermagnet, karburator berteknologi Thorthle Switch System (TSS), panel instrumen menggunakan kombinasi antara analog dan digital.
Supra X 125 Generasi Kedua (2008-2014)
Generasi kedua ini memiliki desain yang berubah total dengan generasi sebelumnya, dengan desain garis tajam di setiap lekukannya.
Lampu utama menggunakan headlamp dua bohlam, sein disayap dengan undercowl, serta pengereman sudah menggunakan dobel disc (cakram depan belakang). Pada generasi ini, Supra memiliki dua tipe, yakni tipe karburator dan Injeksi PGM-Fi Brad’s. Namun justru yang tipe karbu yang laku dipasaran.
Supra X 125 Helm-In Generasi Ketiga (2011-2019)
Pada tahun 2011 Supra X 125 Helm-In diluncurkan sebagai varian terbaru dengan mengutamakan fungsionalitas pada bagai dan tangki bensin yang lebih besar. Desain pada generasi ini berubah dengan generasi sebelumnya, yang mana bodynya serba membulat dan gembung, lampu belakang menggunakan LED dengan beraksen huruf X pada saat menyala.