Panduan Wisata untuk Muslim, 5 Tips Berwisata Halal untuk Traveler Muslim

Tips Berwisata Halal untuk Traveler Muslim
Tips Berwisata Halal untuk Traveler Muslim (youtube/nettv)
0 Komentar

2. Packing Pakaian yang Praktis

Ketika packing untuk perjalanan yang ramah terhadap Muslim, pilihlah pakaian yang praktis namun tertutup sesuai dengan nilai-nilai keagamaan. Bawalah baju panjang yang menutupi tubuh, kemeja lengan panjang, rok panjang dan celana longgar. Pastikan juga untuk para traveler wanita untuk membawa jilbab, pilihlah warna-warna netral supaya tidak mencolok. 

Kamu juga perlu membawa beberapa pasang kaus kaki dan alas kaki yang nyaman, serta sandal yang mudah digunakan saat masuk masjid. Ingat untuk membawa tas kecil atau totebag untuk menyimpan perlengkapan sholat.

3. Memilih Makanan yang Halal

Saat bepergian sebagai wisatawan Muslim, kalian perlu pilih makanan yang halal dengan hati-hati, carilah restoran atau warung makan yang memiliki sertifikasi halal, atau tanyakan kepada penduduk lokal atau resepsionis hotel tentang tempat makan halal terdekat. Apabila bepergian di luar negeri kamu perlu ingat untuk selalu membaca label makanan saat berbelanja di swalayan atau supermarket sekitar. 

Baca Juga:Top 5 Destinasi, Nikmati Akhir Pekan Asik Bareng Keluarga di Yogyakarta, Asli IstimewaTetap Waspada! 6 Kebiasaan Sepele Memicu Diabetes pada Lansia, Cegah Sebelum Terlambat

Jika bingung dan memiliki keraguan tentang suatu hidangan pada penginapan atau restoran, tanyakan kepada koki atau pelayan apakah bahan-bahan yang digunakan sesuai dengan prinsip makanan halal. Tetap waspada terhadap tempat makan atau restoran yang kita kunjungi.

4. Bijaksana dalam Berbelanja

Ketika berbelanja oleh oleh saat perjalanan wisata untuk wisatawan Muslim, kamu perlu bersikap bijaksana untuk pembelian barang dan memprioritaskan kebutuhan. Pilihlah oleh-oleh seperti makanan atau kerajinan tangan yang memiliki label halal. Selain itu, berhati-hatilah dengan produk-produk yang mengandung alkohol atau komponen haram lainnya.

5. Jaga Kesopanan dalam Berpakaian

Tips berwisata halal untuk traveler muslim yang terakhir adalah menjaga kesopanan. Ketika berpergian sebagai wisatawan Muslim, penting untuk menjaga kesopanan dalam berpakaian agar sesuai dengan nilai-nilai agama dan budaya setempat. Wanita sebaiknya memilih pakaian yang menutupi aurat, seperti mengenakan hijab atau pakaian longgar. Hindari pakaian yang terlalu ketat, transparan, atau terlalu pendek.

Pria juga sebaiknya mengenakan pakaian yang sopan, seperti celana panjang dan tidak terlalu ketat. Jika memiliki rencana mengunjungi tempat-tempat suci, pastikan untuk mengenakan pakaian yang lebih khusus sesuai aturan setempat.

0 Komentar