Inilah Ciri-Ciri Gangguan Mental Pada Remaja, Orang Tua Wajib Tahu!

Ciri-ciri gangguan mental
Inilah ciri-ciri gangguan mental pada remaja ( foto : freepik.com)
0 Komentar

Radarpekalongan.id – Ciri-ciri gangguan mental pada remaja seringkali diabaikan karena dianggap normal pada masa remaja dan tidak banyak disadari. Jika tidak ditangani dengan baik, kondisi ini justru dapat berdampak buruk pada perkembangan emosi, kehidupan sosial, dan kesehatan fisik remaja.

Gangguan mental bisa dimulai pada masa remaja. Diperkirakan sekitar 49,5% generasi muda berusia 13 hingga 18 tahun menderita gangguan jiwa, dan 22,2% di antaranya menderita penyakit jiwa berat.

Masalah kesehatan mental yang umum di kalangan remaja termasuk PTSD, ADHD, gangguan kecemasan umum, gangguan makan, skizofrenia, gangguan bipolar, dan depresi.

Baca Juga:Kenali 6 Jenis Gangguan Psikologis yang Sering Dialami Remaja, Perlu Diwaspadai!3 Bulan Tak Kunjung Turun Hujan, SMK Mussi Ajak Siswa Lakukan Sholat Istisqo’

Penyakit l mental pada remaja seringkali menjadi pemicu bunuh diri. Faktanya, sekitar 47% kasus bunuh diri di Indonesia terjadi di kalangan remaja dan dewasa muda. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk mengenali tanda-tanda gangguan kesehatan mental pada remajanya.

Ciri-ciri gangguan mental pada remaja

Mengenali ciri-ciri gangguan mental pada remaja memang tidak mudah. Mengalami dan mempelajari banyak hal baru dapat menyebabkan perubahan perilaku dan suasana hati pada remaja. Namun, jika perubahan tersebut mengganggu kehidupan sehari-hari atau tidak sesuai dengan usia kamu, maka perubahan tersebut tidak normal lagi.

Pada setiap remaja, ciri-ciri gangguan mental yang berkembang mungkin berbeda-beda tergantung usia, jenis penyakit yang diderita, dan tingkat keparahannya. Namun, remaja dengan gangguan jiwa biasanya menunjukkan tanda-tanda berikut:

  1. Tidak bisa mengendalikan emosi

Ciri-ciri gangguan mental pada remaja yang pertama adalah tidak bisa mengendalikan emosi. Remaja dengan gangguan mental biasanya tidak mampu mengendalikan emosinya atau terlihat lebih sensitif.

Kamu mungkin merasakan kesedihan yang mendalam atau kemarahan yang meledak-ledak tanpa alasan yang jelas. Ia juga sering merasa selalu salah dan tidak berharga.

  1. Perubahan perilaku yang tidak wajar

Ciri-ciri gangguan mental pada remaja yang kedua adalah perubahan perilaku yang tidak wajar. Berhati-hatilah jika anak remaja kamu tiba-tiba mulai bertingkah tidak menentu seperti menjadi pemberontak, mengamuk, sombong, mudah tersinggung, atau kekanak-kanakan. Bisa jadi adi ini pertanda ia mengalami gangguan mental.

0 Komentar