6 Cara Miliki Karakter Asertif, Raih Komunikasi yang Lebih Tegas

Karakter asertif
Karakter asertif. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Karakter asertif atau tegas adalah sifat karakter yang membantumu berkomunikasi dengan percaya diri dan efektif. Karakter asertif membantu orang memahami dengan tepat di mana kamu berdiri dan apa batasanmu dalam percakapan. Walaupun bersikap asertif merupakan hal yang wajar bagi sebagian orang, hal ini bisa menjadi tantangan bagi sebagian orang lainnya.

Orang dengan kecemasan sosial atau harga diri rendah sering kali kesulitan memiliki sikap karakter asertif. Namun, sikap asertif bisa dipelajari. Pelajari cara menjadi lebih asertif, mengapa hal ini penting, dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.

Cara Memiliki Karakter Asertif

Jika jamu kesulitan untuk menegaskan diri sendiri, kabar baiknya adalah ada banyak cara untuk mengubahnya. Bersikap asertif merupakan sifat karakter yang dapat dipelajari dan diasah. Ini adalah beberapa cara yang bisa Kamu lakukan.

Belajarlah untuk Mengatakan Tidak

Baca Juga:Bukan Kepribadian! Kenali Lebih dalam Makna Sifat Temperamen yang Sering Disalahartikan4 Karakteristik Pribadi Manusia Berdasarkan Tipe Kepribadian

Salah satu ciri utama orang yang tidak memiliki karakter asertif adalah mereka sering kesulitan untuk mengatakan tidak, meskipun batasan mereka dilanggar. Belajar mengatakan tidak dengan cara yang penuh hormat namun tegas membantumu berkomunikasi dan menjaga batasanmu dengan orang lain.

Saat mengatakan tidak, ingatlah bahwa penjelasan tidak selalu diperlukan. Sekadar mengatakan, “Tidak, aku tidak mempunyai kapasitas untuk memenuhi permintaan itu,” atau “Tidak, aku tidak bisa menyediakan waktu untuk itu saat ini” sudah cukup. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengatakan tidak saja dapat meningkatkan ketegasan dan meningkatkan kesehatan mentalmu.

Latihan Membuat Sempurna

Karakter asertif adalah keterampilan yang dapat bermanfaat bagimu dalam segala komunikasi, bahkan dengan teman, orang tua, atau pasangan. Jika kamu sedang belajar menjadi lebih asertif karena alasan tertentu, katakanlah agar lebih dikenal di tempat kerja, Kamu harus melatih keterampilan yang mengasah ketegasan setiap saat, bahkan saat kamu tidak sedang bekerja.

Buatlah Jurnal

Jurnal memberimu lebih banyak wawasan tentang caramu berpikir dan berperilaku. Banyak orang yang tidak asertif bahkan tidak menyadari bahwa dirinya tidak memiliki karakter asertif. Mereka mengalami frustrasi dalam mengkomunikasikan keinginan dan kebutuhan mereka tetapi tidak menyadari alasannya. Saat membuat jurnal, Kamu harus berusaha menjawab pertanyaan seperti:

0 Komentar