5 Seputar Ronggowarsito yang Belum Diketahui, Destinasi Wisata Heritage Semarang Bergaya Asli Arsitektur Jawa

seputar Ronggowarsito yang belum diketahui
Museum Ronggowarsito terkenal banyak menyimpan sejarah kuno zaman dahulu (foto: lhategreenjello)
0 Komentar

Salah satu karya paling terkenal dari seorang pujangga bernama Ronggowarsito itu Serat Kalatida, dengan memperkenalkan istilan zaman edan.

Hal itu menyebabkan nama Ronggowarsito diabadikan menjadi nama Museum Ronggowarsito yang dikarenakan mempunyai karya begitu berpengaruh pada masanya. Kini nama Ronggowarsito tetap ada dan makin eksis terdengar di telingan para wisatawan.

Museum Ronggowarsito memiliki luas 1,8 hektar. Pertama kali rilis pada tahun 1975 dan resmi dibuka Juli 1989. Saat ini, Museum Ronggowarsito menjadi destinasi wisata yang masih dikunjungi oleh beberapa wisatawan.

Baca Juga:Wajib Tahu! Inilah, 7 Spot Foto Wisata Sam Poo Kong Semarang yang Menawarkan Konsep Khas TiongkokPersiapkan Sekarang! 6 Barang Bawaan Wajib Sebelum Wisata, Temukan Momen Kebahagian Bersama Orang Terdekat

Ada Beberapa Replika Kuno

Seputar Ronggowarsito yang belum diketahui, selain memiliki bangunan khas jawa, Museum Ronggowarsito mempersembahkan keberagaman budaya nusantara. Diantaranya, replika sedekah bumi yang menjadi kebiasaan masyarakat Jawa.

Selanjutnya, terdapat topeng Barong asli Kabupaten Blora yang begitu menyeramkan. Lalu, ada satu set wayang lengkap dengan geber maupun gamelan asli.

Uniknya, memiliki replika yang dinamakan Didi Nini Towok. Replika tersebut adalah replika ritual memanggil hujan. Replikasi Dini Nini Towok dipertontonkan disertai kayu lengkap dengan kebaya.

Koleksi Batu Meteor dan Benda Vulkanik juga Ada

Seputar Ronggowarsito yang belum diketahui adalah Museum dengan menyimpan berbagai macam benda luar angkasa.

Hal itu cukup unik, benda luar angkasa berupa batu meteor bisa dilihat oleh mata secara dekat. Batu meteor tersebut telah ditemukan bertahu-tahu lalu lamanya.

Tidak kalah unik, terdapat juga koleksi pasir dari erupsi Gunung Merapi, batu Gunung Merapi dan material lain yang dulu pernah terjadi di beberapa tahun silam.

Koleksi itu, mengingatkan masyarakat Indonesia akan musibah Gunung Merapi. Koleksi itu diambil langsung dari alam saat kejadian yang mana wisatawan saat melihat dengan wujud nyata.

Baca Juga:4 Hotel Termewah Simpang Lima Semarang, Desain Modern dengan Fasilitas Terbaik ala Sultan7 Wisata Kuliner Dekat Simpang Lima Semarang, Nikmati Cita Rasa Asli Masakan Jawa yang Bikin Nagih

Fosil Salah Satu Koleksi Museum Ronggowarsito

Tentu, Museum Ronggowarsito mempunyai banyak koleksi yang berjumlah sekitar 59.802dengan terbagi 10 jenis. Koleksi itu meliputi geologi, biologi, arkeologi, arkeologi, historika, fiologi, numistatic, heraldika, kramologi, teknologika, etnografi dan seni rupa.

Maka disitulah, Museum Ronggowarsito ditetapkan sebagai aset pelayanan publik pada bidang pelestarian budaya.

Selain itu, disempurnakan dengan beberapa wahana pendidikan dan rekreasi yang ramah oleh anak-anak. ada koleksi fosil-fosil di Museum Ronggowarsito, salah satunya yaitu fosil dari gajah purna yang hidup di zaman dahulu.

0 Komentar