Tahukah Kamu Decluttering? Ini Lho 5 Manfaat Decluttering Bagi Kesehatan Mental, Ayo Buktikan!

Manfaat decluttering bagi kesehatan mental
Inilah manfaat decluttering bagi kesehatan mental ( foto : freepik.com)
0 Komentar

Radarpekalongan.id – Tahukah kamu kamu manfaat decluttering bagi kesehatan mental? Beberapa waktu lalu, pada masa pandemi, Pemerintah menerapkan berbagai aturan pembatasan pergerakan. Hal ini dilakukan untuk menekan jumlah orang yang tertular COVID-19. Meski harus beraktivitas terbatas, ada beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan, seperti decluttering.

Tahukah kamu bahwa decluttering mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan mental? Siamk ulasannya disini

Decluttering berarti memisahkan dan membuang barang-barang yang sudah tidak dibutuhkan atau digunakan lagi. Perlu diingat bahwa lingkungan yang berantakan dan penuh dengan barang dapat meningkatkan stres bagi sebagian orang.

Baca Juga:Bedah Buku Sains of Math di Perpustakaan UIN Gusdur PekalonganBenarkah Bangun Pagi Baik untuk Kesehatan Mental?

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Current Psychology, tinggal di ruangan yang berantakan justru bisa membuat kamu kurang produktif.

Katherine Roster, profesor di Anderson School of Management, disabilitas dapat menyebabkan seseorang kehilangan kendali terhadap lingkungan fisiknya. Hal ini juga dapat menyebabkan stres, depresi, dan kecemasan.

Kini, berbenah sendiri disebut-sebut bisa memberikan efek positif bagi kesehatan mental.Secara umum, banyak orang menghabiskan waktu ekstra l untuk berorganisasi secara teratur. Namun, sebagian orang melakukan aktivitas ini sambil membersihkan dan merapikan rumahnya.

Manfaat decluttering bagi kesehatan mental

Berikut beberapa manfaat decluttering bagi kesehatan mental yang perlu kamu ketahui.

  1. Meningkatkan konsentrasi

Manfaat decluttering bagi kesehatan mental yang pertama adalah meningkatkan konsentrasi. Perlu kamu ketahui bahwa ketika barang-barang berantakan dan banyak barang menumpuk, maka akan sulit untuk menemukan apa yang kamu butuhkan.Selain itu, hal ini dapat mengganggu.

Pekerjaan juga bisa jadi sulit jika barang-barang menumpuk di meja atau di dalam ruangan. Nah, menjadi terorganisir membantu kamu fokus menyelesaikan tugas.

  1. Mengurangi tingkat stres

Manfaat decluttering bagi kesehatan mental yang kedua adalah mengurangi tingkat stress. Dikutip dari website Mayo Clinic: Rumah yang berantakan dengan tumpukan barang dapat menyebabkan peningkatan hormon stres kortisol yang dapat berujung pada stres kronis.

Baca Juga:Inilah 4 Bahaya Terlalu Banyak Tidur Bagi Kesehatan Mental dan Fisik, Berhati-hatilah!Inilah 5 Jenis Makanan yang Menunjang Kesehatan Mental, Ayo Buktikan!

Namun, rumah yang rapi dan tenang akan mengurangi tingkat stres dan mengurangi perasaan sedih, yang seiring berjalannya waktu akan berkurang. Jadi, manfaat lain dari decluttering adalah mengurangi tingkat stres.

0 Komentar