Kader TP PKK Kota Pekalongan Praktik Membuat POC

TP PKK Kota Pekalongan Praktik Membuat POC
PELATIHAN - Dinperpa bersama TP PKK Kota Pekalongan menggelar pelatihan praktik membua pupuk organik cair.
0 Komentar

KOTA – Kader TP PKK Kota Pekalongan Praktik Membuat POC (Pupuk Organik Cair ).Dinas Pertanian dan Pangan (Dinperpa) Kota Pekalongan bersinergi dengan Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga bagi para kader PKK kelurahan dan kecamatan untuk mendorong pemanfaatan pekarangan. Kegiatan ini berlangsung di Aula Dinperpa, kemarin.

Ketua TP PKK Kota Pekalongan, Inggit Soraya mengungkapkan bahwa hari ini digelar sosialisasi optimalisasi pemanfaatan pekarangan rumah dengan pemanfaatan limbah organik yang dijadikan POC. “Jadi nanti prosesnya 3 bulan dijadikan pupuk dari sisa limbah atau sampah rumah tangga, kita dapat memanfaatkan pupuk tersebut untuk pekarangan rumah. Ini sekaligus kita sosialisasikan keanekaragaman pangan untuk mengatasi stunting,” terang Inggit.

Kalau pekarangan terbatas dapat dimanfaatkan untuk menanam sayuran atau buah-buahan atau pangan keluarga, kalau lahan luas bisa menambah pendapatan keluarga. “Harapannya setelah sosialisasi ini para kader PKK dan tim percepatan stunting langsung praktik di halaman rumahnya masing-masing memanfaatkan sisa sayur dan buah-buahan untuk membuat POC. Selain untuk POC, diyakini bahwa dapat juga digunakan sebagai penetral air sungai dengan difermentasi tiga bulan,” kata Inggit.

Baca Juga:Kecelakaan lalu lintas terjadi di jalur Curam Bandar Sepekan, 2 korban meninggalMinat Pelaku UMKM Kuliner Ajukan Sertifikasi Halal Minim

Sementara itu, Kepala Dinperpa Kota Pekalongan, Muadi menyebutkan bahwa pihaknua mengundang 90 orang kader PKK kelurahan dan kecamatan terutama yang menjadi prioritas penanganan stunting. “Harapannya mereka bisa membantu penanganan stunting dengan menanam sayuran dan mendorong pemenuhan makanan bergizi dimulai dari rumah tangga,” ujar Muadi.

Untuk praktik pembuatan POC, dikatakan Muadi ada narasumber dari Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) bagaimana nanti proses pemanfaatan limbah rumah tangga dan olah limbah sayur dan sebagainya.(nul)

0 Komentar