Museum Jawa Tengah Ranggawarsita Gelar Pameran Keliling Museum Dolan Pekalongan

Museum Jawa Tengah Ranggawarsita
Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid SE menerima cinderamata dari Kepala Disdikbud Jawa Tengah, Uswatun Hasanah dalam acara kegiatan Pameran Keliling Museum Dolan Pekalongan 'Melukis Nusantara, Merawat Pusaka' . (Radarpekalongan.id)
0 Komentar

“Mudah-mudahan dengan adanya pameran ini menjadikan para pelajar di Kota Pekalongan semakin mencintai dan ingin mengetahui sejarah-sejarah lokal melalui kunjungan ke museum. Kami juga instruksikan dari Dinas Pendidikan setempat untuk mengajak sekolah-sekolah melibatkan peserta didiknya untuk berkunjung ke Pameran Keliling Museum Dolan Pekalongan di Gor Jetayu,” harapnya.

Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid SE melihat koleksi keris(Radarpekalongan.id)

Kepala Disdikbud Jawa Tengah, Uswatun Hasanah memaparkan, pelaksanaan pameran keliling Museum Dolan Pekalongan ini merupakan bagian dari kegiatan DPA Museum Jawa Tengah Ranggawarsita. Ia menilai, Pendidikan dan kebudayaan ini merupakan nomenklatur yang tidak terpisahkan, karena dari budaya, bisa mengambil sisi pendidikan, jangan sampai budaya itu tergerus, dari budaya itulah bisa memberikan sebuah pembelajaran pendidikan karakter.

Baca Juga:Begini Cara Dinperpa Kota Pekalongan Tekan InflasiJadi Icon Pameran Inacraft 2023, Ketua Dekranasda, Inggit Soraya Berharap Pelaku UMKM Makin Sejehtara

“Kita harus terus berbangga, museum ini sebagai wadah anak-anak sebagai lokasi sumber belajar sejarah. Dari sejarah inilah ada nilai-nilai yang tak lekang oleh perubahan zaman dan terus menjadi inspirasi seterusnya.

” Jadikan Museum Jawa Tengah Ranggawarsita sebagai rumah belajar dan rumah budaya. Lewat museum kita bisa menikmati karya leluhur di masa lalu sesuai perkembangannya hingga masa kini. Selamat menikmati koleksi koleksi di sejumlah museum yang ada di event ini, kami harapkan Dinas Pendidikan Kota Pekalongan menginstruksikan kepada para pelajar sekolah disini untuk membuat laporan kunjungan ke pameran keliling Museum Dolan Pekalongan yang berlangsung pada 10-14 Oktober 2023 ini,” bebernya.

Museum Jawa Tengah Ranggawarsita Pilih Kota Pekalongan

Kepala Museum Jawa Tengah Ranggawarsita, Sugiharto menambahkan, dipilihnya Kota Pekalongan sebagai salah satu lokasi pelaksanaan event Pameran Keliling Museum Dolan Pekalongan ini karena Kota Pekalongan terkenal akan batiknya dan di Kota Pekalongan sudah ada Museum Batik.

“Museum Jawa Tengah Ranggawarsita ingin mendekatkan pelayanan kepada masyarakat langsung dengan melibatkan ada sekitar 6 Museum yang turut berpastisipasi, yakni Museum Ranggawasita Jawa Tengah, Museum Batik Pekalongan, Museum Pers Nasional Surakarta, Museum BPK RI Magelang, Graha Tosan Aji Pekalongan, serta Museum dan Perpustakaan Akademi Kepolisian Semarang dan 2 stan dari UMKM Dekranasda Kota Pekalongan dan Universitas Pekalongan,” bebernya.

0 Komentar